message

Tips Menghadapi Kondisi Darurat di Hari Pernikahan

 

Sebagai momen istimewa bagi setiap pasangan calon pengantin, pernikahan tentu sudah Anda persiapkan dengan matang beberapa bulan atau bahkan setahun sebelumnya. Akan tetapi, meski telah melewati persiapan yang begitu matang, hal-hal tak terduga kerap masih saja terjadi. Panik? Tentu saja. Akan tetapi jangan biarkan segala masalah merusak momen yang telah Anda rencanakan jauh-jauh hari ini.

Bila Anda menyewa jasa wedding organizer, serahkan semua masalah yang mungkin timbul di hari-H kepada mereka, karena mereka jelas lebih berpengalaman menghadapi hal-hal seperti ini. Akan tetapi bila Anda mempersiapkan semua sendiri, maka simak tips berikut ini agar hari istimewa Anda tetap berjalan dengan sempurna.

  1. Cuaca Buruk

Anda sudah memilih tanggal di musim kemarau untuk menggelar pesta pernikahan outdoor, namun pada hari-H cuaca mendadak tidak bersahabat. Yah, siapa yang dapat memprediksi cuaca dengan begitu tepat? Segala kemungkinan bisa saja terjadi. Untuk itu, siapkan alternative untuk menghadapi segala kemungkinan. Pilihlah venue outdoor yang masih memiliki ruang indoor sehingga meskipun cuaca baik-baik saja, namun para tamu dapat sejenak berteduh. Bila ruang indoor tak tersedia atau mungkin terlalujau, ada baiknya Anda mempersiapkan tenda, sehingga para tamu memiliki pilihan.

  1. Stok makanan kurang

Setiap pengantin dan juga keluarga tentu akan merasa malu bila persediaan makanan habis padahal acara masih berlangsung. Oleh karena itu, hitunglah dengan baik porsi makanan yang Anda pesan pada vendor katering. Jumlah undangan dikalikan dua adalah hitungan yang paling sederhana untuk memesan porsi katering. Memesan makanan dalam jumlah sedikit lebih banyak dari porsi yang sudah dihitung pun tak ada salahnya untuk berjaga-jaga, daripada harus mengalami kejadia dimana tamu undangan kehabisan makanan.

  1. Petugas yang mengukuhkan pernikahan datang terlambat

Bayangkan bila penghulu, pendeta, saksi ataupun figur penting yang akan bertugas di upacara pernikahan datang terlambat. Tentu saja keseluruhan acara pernikahan akan mengalami keterlambatan. Untuk mengantisipasi hal ini, tugaskan satu atau dua orang untuk menangani kedatangan orang-orang penting ini. Pastikan mereka memiliki nomor telepon dan alamat orang-orang ini untuk menghubungi dan memastikan kedatangan mereka beberapa jam sebelum acara.

  1. Tamu tak diundang

Kesempatan makan gratis di acara pernikahan. Selalu ada saja orang-orang yang memiliki pikiran jahil seperti ini. Untuk Anda yang menggelar pernikahan di gedung pertemuan dengan kapasitas besar, mungkin akan sulit memantau orang-orang seperti ini. Namun untuk Anda yang menggelar pernikahan dengan konsep intimate, akan lebih mudah mengontrolnya. Salah satunya adalah dengan memberitahu . dan mengingatkan tamu Anda untuk membawa undangan atau sisipkan lembaran RSVP yang wajib dibawa oleh para tamu. Dengan demikian akan lebih mudah bagi petugas penerima tamu untuk menentukan mana tamu yang boleh masuk mana yang tidak.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP