message

Tips Menulis Janji Pernikahan

 

Prosesi pernikahan menjadi momen bagi calon pengantin untuk mengucapkan janji pernikahan. Meski terkesan romantis, namun membuat janji pernikahan bisa dikatakan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Janji pernikahan bukan hanya kata-kata yang Anda akan ucapkan, namun juga bagaimana komitmen Anda dan pasangan dalam menjalani hubungan pernikahan. Belakangan banyak pasangan menulis sendiri janji suci pernikahan mereka.

Agar janji nikah bisa lancar ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tentukan Tema

Sebelum Anda mulai menulis janji pernikahan, tentukan dahulu tema janji pernikahan seperti apa yang Anda inginkan. Apakah serius? Apakah ada unsur humornya? Apakah yang menyentuh hati? Tema apapun yang Anda pilih, jangan lupakan keseriusan dari janji yang Anda buat.

Luangkan Waktu

Anda pasti membutuhkan waktu untuk berpikir sendiri serta untuk menjernihkan pikiran. Sembari menyendiri, Anda bisa sambil menjawab pertanyaan seperti apa yang paling membuat Anda jatuh cinta terhadap pasangan Anda? Apa yang paling membuat Anda rindu padanya saat dia jauh? Bagaimana hidup Anda setelah bersamanya? Dengan ini, Anda bisa terbantu untuk menuliskan janji pernikahan Anda.

Jangan Tunda

Jangan terlalu lama menunda. Buatlah janji pernikahan pada saat sudah dekat dengan hari pernikahan Anda. Mulailah berkreasi paling tidak satu bulan sebelum hari pernikahan Anda digelar.

Membuat Outline

Membuat outline membantu Anda untuk menyusun janji pernikahan yang terstruktur rapi.

Sinergikan

Hal yang harus Anda lakukan adalah menyelaraskan janji pernikahan Anda dengan milik pasangan Anda. Apakah Anda dan pasangan akan membuat janji pernikahan sendiri-sendiri? Atau, Anda mungkin akan membuat janji pernikahan bersama yang akan dibacakan bersama saat upacara pernikahan?

Perhatikan Audience Anda

Jangan membuat janji pernikahan yang membuat tamu-tamu Anda bingung untuk mendengarkannya. Cobalah untuk mengeluarkan suara yang lebih jelas dan tidak menggunakan kata-kata ambigu.

Cari Rujukan

Jika Anda sedang bingung serta tidak ada ide untuk menulis janji pernikahan, Anda bisa merujuk ide dari janji pernikahan yang telah ada. Puisi, lagu, atau bahkan film yang memiliki kata-kata yang menjadi kesukaan Anda bisa dimasukkan ke dalam janji pernikahan. (SW)

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP