Tips Untuk Calon Pengantin Pria

Sebagian besar persiapan pesta pernikahan seakan-akan ditujukan untuk menjadikan tampilan calon pengantin wanita menjadi ratu sehari di hari berbahagianya. Namun, jarang yang ditujukan untuk calon pengantin pria-nya. Kenapa demikian? Memang porsi tips dan saran-saran kecantikan, cara memilih gaun, make-up, dan lainnya lebih banyak diberikan pada calon pengantin wanita, mungkin karena memang wanita lebih banyak membutuhkan bermacam unsur untuk tampil ‘manglingi’ atau terbaik di hari istimewa itu.

Namun, calon pengantin pria pun perlu beberapa tips untuk tampil mantap dan percaya diri di hari pernikahannya. Walaupun lebih sederhana dibandingkan dengan pasangannya, tapi tetap saja, untuk menjadi yang terbaik perlu beberapa tips dan saran. Yuk, simak tulisan berikut ini.

Jas Pengantin Pria

Banyak model dan style dari jas pengantin pria. Anda perlu bertanya pada pembuat jas pengantin, model apa yang kira-kira cocok untuk tubuh Anda. Apakah Italian style yang lebih slim, British style atau American style yang lebih santai. Juga tinggi tubuh Anda menentukan style yang bisa dipilih serta panjang jas Anda. Jika Anda memiliki tubuh yang tidak terlalu tinggi, jangan memilih jas berukuran panjang yang akan membuat tubuh Anda terlihat pendek. Dan, pada umumnya, pilih jas gaya bisnis yang dapat Anda kenakan kembali untuk event-event lainnya.

Warna Jas

Hitam, abu-abu atau biru navy menjadi warna yang banyak dipilih karena karakternya yang timeless atau tidak dimakan waktu. Sementara warna coklat atau warna hijau dan turunannya semakin banyak dipilih untuk pesta outdoor yang lebih santai. Jangan lupa, Anda perlu menentukan warna yang sesuai dengan warna tema pesta Anda dan juga memilih warna dasi serta sepatu yang sesuai dengan warna jas yang Anda pilih.

Dasi

Jika Anda memilih jas tuxedo maka dasi yang harus dikenakan adalah dasi kupu-kupu. Sementara untuk jas gaya bisnis yang umum dikenakan, Anda dapat memilih dasi panjang atau juga dasi kupu-kupu berwarna untuk sesuatu yang tidak biasa. Dasi kupu-kupu memang belum begitu umum dipakai di Indonesia. Mengenakan dasi kupu-kupu menjadi pilihan gaya yang trendy untuk mengganti dasi panjang yang terkesan biasa.

Sepatu

Anda akan berdiri hampir sehari penuh di hari pernikahan. Mulai dari acara-acara yang harus Anda lalui sebelum pemberkatan, di acara pemberkatan, dan kemudian berdiri lama di resepsi pesta pernikahan Anda. Oleh karena itu, pastikan sepatu yang Anda kenakan nyaman. Jangan langsung mengenakan sepatu baru di hari pesta pernikahan Anda, tapi coba untuk mengenakannya sebelum hari-H. Anda perlu merasakan sepatu Anda dan sepatu Anda pun perlu menyesuaikan diri dengan kaki Anda.

Aksesoris

Jam tangan, cuff-links, sapu tangan, pocket square, ikat pinggang menjadi aksesoris yang perlu Anda pikirkan juga. Apakah Anda akan mengenakan cuff-links yang akan menjadikan lengan kemeja Anda menjadi lebih rapih? Mengenakan pocket square memang jarang dikenakan di sini tapi bisa menjadi aksesoris yang menambah mantap tampilan Anda. Demikian pula dengan jam tangan, perhatikan kulit jam tangan Anda, apakah perlu diganti yang baru? Atau jika Anda mengenakan bracelet metal, apakah perlu dibersihkan dulu?

Tampilan Anda di hari istimewa bersama dengan pasangan akan menjadi dokumentasi seumur hidup Anda. Jadi jangan asal-asalan persiapannya!

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP