Tren Akad Nikah Sekarang: Outdoor Dalam Nuansa Sakral yang Berbeda

 

Venue: Amaryllis Boutique Resort | Pernikahan Irene & Arya | Foto: Amorphotoworks

Tidak bisa dipungkiri situasi pandemi membawa tren baru di dunia pernikahan dalam dua tahun belakangan ini, termasuk tren melangsungkan akad nikah di luar ruangan. Sebelumnya, acara akad nikah biasanya dilangsungkan di dalam ruangan bisa di masjid besar, di KUA, di ruang multi-fungsi atau bahkan di ballroom hotel berbintang. Namun, masa pandemi yang mengutamakan kelebihan beraktivitas di udara terbuka dengan protokol kesehatan, membuat banyak venue tempat untuk menikah berinovasi merubah spot terbuka menjadi tempat melangsungkan akad nikah.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, pengaturan jarak sosial untuk undangan terbatas, menyelenggarakan akad nikah di luar ruangan sama khidmatnya dengan melakukannya di dalam ruangan tertutup. Namun, kesakralan pengucapan Ijab Qobul, kekhusukan tausiah, dan rasa haru saat janji setia selesai diucapkan, akan bertambah dengan kesan udara terbuka yang berbeda saat melaksanakan akad nikah di luar ruangan. Kenapa melangsungkan akad nikah outdoor jadi tren sekarang? Ikuti artikel di bawah ini ya.

Foto koleksi : Taman Kajoe | Foto: Owlsome Project

Suasana Sakral yang Intimate

Acara akad nikah di luar ruangan menghadirkan suasana informal, intimate, tapi tetap sakral saat pengucapan janji nikah dilangsungkan. Sebelum acara berlangsung, para undangan dan shohibul bait dapat bercengkerama dengan akrab, saat akad nikah berlangsung, suasana sakral tetap akan terasa, dan rasa syukur pun meliputi mempelai, kedua orang tua, dan para undangan setelah janji setia pernikahan diucapkan. Melangsungkan akad nikah di luar ruangan memberikan nuansa berbeda penuh kebahagiaan yang hangat dan akrab.

Foto & Venue: Harris Hotel & Convention Bekasi

Pilihan Venue Pernikahan yang Beragam

Dengan berubahnya tren pernikahan menjadi lebih kecil, intim, dan akrab, maka banyak venue pernikahan menawarkan spot-spot tempat pernikahan yang awalnya mungkin tidak terpikirkan. Restoran-restoran menawarkan taman hijaunya untuk melangsungkan akad nikah, hotel menampilkan area di sekitaran kolam renangnya yang bisa diubah menjadi tempat acara, atau bahkan ada yang melangsungkan akad nikah di perahu phinisi yang berlayar di Teluk Jakarta. Yang penting, akad nikah aja dulu.

Venue: Klub Kelapa Gading | Pernikahan Ayu & Arif | Foto: Holograph

Penataan Dekorasi yang Lebih Singkat dan Sederhana

Melangsungkan akad nikah di luar ruangan memberi keuntungan tersendiri. Kenapa? Karena suasana outdoor sudah memberi kesan yang berbeda. Dan, dengan demikian penataan dekorasinya pun akan menjadi lebih sederhana dan juga memakan waktu yang lebih singkat. Anda tidak perlu dekorasi acara akad nikah yang terlalu berlebih karena taman hijau atau foyer gedung berlatar belakang pemandangan kota pun sudah memberi kesan yang cantik untuk acara akad Anda.

Venue: Seribu Rasa Summarecon Bekasi | Pernikahan Vonny & Erlangga

Dokumentasi Pernikahan yang Lebih Baik

Tanpa banyak batasan dinding, meja, atau kursi yang digunakan, maka fotografer akan lebih leluasa mengambil sudut pemotretan. Demikian pula dengan pencahayaan luar ruangan yang lebih alami, maka pemotretannya pun akan memberi hasil yang maksimal. Pemotretan luar ruangan akan memberi kesan yang berbeda dibanding dengan pemotretan di dalam ruangan, oleh karena itu, dokumentasi acara akad nikah Anda pun akan menjadi berbeda.

Venue: Hotel Dafam Teraskita Jakarta | Foto: Egoisme Photography

Cerita yang Berbeda bagi Anak Cucu Anda

Setiap pengantin mempunyai mimpi yang berbeda tentang bagaimana hari pernikahan mereka akan dilangsungkan. Keberadaan masa pandemi merubah banyak hal termasuk tren melangsungkan acara akad nikah di luar ruangan. Setiap pernikahan adalah cerita bagi Anda dan pasangan untuk anak cucu Anda kelak. Dan, melangsungkan akad nikah di luar ruangan bisa menjadi cerita berbeda yang akan disampaikan kepada keturunan Anda satu saat nanti.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai paket-paket Akad Nikah Outdoor dari beragam venue, Anda dan pasangan bisa langsung menghubungi Wilona - Your Wedding Conceptor melalui nomer Whatsapp official Wilona di 0811 952 8988. Atau chat with us di kanan bawah situs Weddingku.com untuk berkonsultasi dengan Wilona.

Wedding Venue, Wedding Planning, Zaman Now, Tips dan Trik


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP