Tugas Dan Peran Wedding Planner Di Momen Bahagia Anda

 

Wedding of Keynes & Gisela Wedding Planner: Pinkbow.co

Sebagai seorang calon pengantin yang baru saja memutuskan untuk menikah, Anda mungkin sedang mencari wedding planner atau wedding organizer yang akan membantu persiapan pesta pernikahan Anda. Lalu, terpikirkan apa saja tugas dan peran mereka dalam persiapan pesta pernikahan Anda dan pasangan.

Di jaman sekarang dimana semua calon pengantin rata-rata sibuk dengan pekerjaan mereka sehari-hari, peran wedding planner menjadi sangat penting untuk meringankan beban persiapan pesta calon pengantin. Tugas wedding planner pun meluas menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sebuah pesta pernikahan dari awal hingga akhir. Ingin tahu lebih banyak mengenai peran wedding planner? Simak ulasan di bawah ini.

Meringankan Beban Calon Mempelai

Tidak ada yang mengharuskan calon pengantin untuk menggunakan jasa wedding planner, namun seiring dengan kesibukan sehari-hari dan mungkin sempitnya waktu persiapan pesta pernikahan, jasa wedding planner semakin dibutuhkan karena dapat meringankan beban calon mempelai. Mungkin perlu diketahui tugas wajib wedding planner.

  • Sebagai perencana yang memberi masukkan tentang konsep acara, biaya, venue, vendor-vendor pernikahan sesuai dengan kebutuhan dan mimpi pesta pernikahan calon pengantin.
  • Sebagai coordinator yang mengkoordinasi seluruh pihak yang terlibat di pesta pernikahan, mulai dari calon mempelai, keluarga, para vendor, termasuk pengaturan jadwal technical meeting dan gladi bersih.
  • Membuat rundown acara secara keseluruhan dan membentuk tim profesional untuk mengatur jalannya pesta pernikahan dari awal hingga acara selesai.

Menjadi Pengengah dan Pemersatu Keluarga Calon Pengantin

Walaupun sudah ditangani oleh tim wedding planner biasanya tetap ada panitia yang dibentuk oleh keluarga dari calon pengantin. Menjadi tugas dari wedding planner atau wedding organizer untuk mengelola panitia keluarga agar tidak terjadi kesalahan yang tidak perlu.

Perbedaan pendapat antara kedua belah pihak keluarga pun kerap terjadi dalam persiapan pesta pernikahan, terutama jika ada salah satunya yang mempunyai posisi atau jabatan lebih tinggi dan pihak tersebut mengeluarkan anggaran lebih besar. Tugas wedding planner menjadi penengah dan pemersatu dari kedua keluarga. Tidak mudah memang, tapi wedding planner berpengalaman untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Biasanya dengan kesabaran dan pengertian maka kedua belah pihak keluarga akan mengerti dan pada akhirnya menemukan jalan tengah yang memuaskan kedua belah pihak.

Mengurangi Biaya Yang Tidak Perlu

Umumnya wedding planner atau wedding organizer mempunyai pengalaman bagaimana membantu calon pengantin untuk menghemat pengeluaran sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Misalnya untuk penghitungan porsi makanan yang berbeda di setiap hotel, restoran, dan katering untuk satu orang tamu. Oleh karenanya penghitungan porsi makanan dapat dihitung dengan tepat agar tidak kurang namun tidak juga berlebih. Untuk itu, dibutuhkan kejujuran calon pengantin pada wedding planner mengenai besaran anggaran pernikahan yang dipersiapkan leh kedua mempelai tersebut.

Bukan hanya tentang porsi makanan, wedding planner juga bisa membantu Anda dalam memberikan masukan tentang vendor-vendor penikahan yang sesuai dengan bujet pernikahan Anda.

Wedding Organizer, Wedding Planning


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP