message

Ulasan Singkat Mengenai Tradisi Mengenalkan Pasangan di Hari Lebaran

 

Foto: Freepik


Beberapa hari lagi, umat Islam akan merayakan hari kemenangan. Banyak tradisi yang dilakukan di hari lebaran ini, misalnya dengan saling bermaaf-maafan, hingga menjadi momen pengenalan pasangan pada keluarga besar.


Namun, hal ini sering sekali menjadi beban bagi orang-orang yang belum memiliki pasangan. Mereka akan risih bila keluarga besar mulai berkumpul dan menanyakan pertanyaan serupa “mana pasangan”? Padahal, pertanyaan tersebut bersifat personal dan sangat sensitif.


Seorang psikolog malah menganjurkan tidak perlu mengenalkan pasangan di hari raya itu, apalagi perkenalan pertama kali. Alasannya, mengenalkan langsung di hadapan orang banyak akan memberikan harapan besar pada hubungan asmara Anda. Harapannya sudah pasti ke jenjang pernikahan.


Jika Anda belum memikirkan hubungan sampai ke jenjang lebih serius, maka berhati-hatilah saat mengenalkannya di hari lebaran. Jangan sampai pengenalan yang Anda anggap biasa saja itu malah memberikan beban pada hubungan asmara Anda. Jangan sampai kejadian ini melukai hati banyak pihak.


Sebaiknya, jika memang masih dalam tahap pengenalan atau masih berada di fase jatuh cinta, tidak perlu melakukan hal ini. Karena di fase ini, Anda masih merasa pasangan Anda merupakan pasangan yang sempurna. Anda akan berpikiran lebih objektif dalam menilai pasangan setelah 6 bulan lebih berhubungan. Jadi, kalau hubungan Anda masih di bawah enam bulan, tidak perlu mengenalkannya saat lebaran.


Disarankan, Anda bertanya pada diri sendiri terlebih dulu, apakah sudah siap serius dengan hubungan tersebut atau belum, juga apakah sudah siap mendengar komentar-komentar dari keluarga besar? Jika Anda dan pasangan sudah merasa siap lahir batin, maka hal ini bisa dilakukan, karena sejatinya hal ini tergantung dari kesiapan Anda pasangan.


Idealnya, kenalkanlah pasangan secara bertahap. Kenalkanlah pasangan pertama kali dengan keluarga inti di momen yang santai. Setelah melihat bagaimana bayangan pengenalan pertama itu, barulah Anda bisa mengenalkan si dia di momen-momen penting berikutnya.


Jangan sedih bagi Anda yang sudah serius ingin mengenalkan pasangan di lebaran kali ini karena adanya social distancing. Anda masih bisa bersilaturahmi dengan pasangan melalui video call. Jika sudah saatnya, memang selalu ada jalannya, bukan?

Relationship, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP