message

Urutan Persiapan Satu Tahun Jelang Pernikahan

 

Foto: dok. Freepik


Setelah serius berpacaran, biasanya pasangan akan masuk pada fase lamaran. Setelah itu, barulah masuk pada fase pernikahan. Nah, setelah menentukan tanggal pernikahan, biasanya akan banyak yang perlu dipersiapkan jelang pernikahan, bahkan bisa sampai satu tahun lamanya.
Untuk mempermudah persiapan pernikahan Anda, ikuti urutan persiapan pernikahan berikut ini.


12 bulan sebelum hari-H
12 bulan sebelum pernikahan memang waktu yang cukup panjang. Anda bisa memulainya dengan memikirkan budget keseluruhan pernikahan serta apakah akan memakai uang sendiri atau uang Hasil patungan dengan pasangan Anda atau akan meminta bantuan keuangan dari kedua orang tua. Waktu 12 bulan ini sangat cukup untuk mengumpulkan pundi-pundi persiapan pernikahan sekaligus survei harga vendor-vendor yang diperlukan.


10 bulan sebelum hari-H
Pada 10 bulan jelang pernikahan, Anda sudah bisa menentukan gaun pernikahan. Anda bisa menyewanya di tempat penyewaan gaun pernikahan, bisa juga membuat gaun khusus agar bisa menjadi kenang-kenangan nantinya. Pada bulan ini, Anda juga harus sudah mencari hiburan untuk pesta pernikahan Anda. Apakah ingin memakai band atau musik tunggal. Jangan lupa untuk memilih make-up artist dan mobil pengantin pada bulan ini juga.


8 bulan sebelum hari-H
Setelah memilih beberapa vendor yang diinginkan, Anda sudah bisa mem-booking vendor-vendor tersebut pada bulan ini. Pastikan Anda juga sudah memilih undangan dan suvenir.


6 bulan sebelum hari-H
Enam bulan sebelum pernikahan, Anda sudah harus memilih beberapa barang krusial seperti memilih cicin pernikahan. Semakin detil lagi, Anda sudah harus menyicil nama-nama tamu undangan, mulai dari rekan kerja, sahabat, kerabat, relasi bahkan sahabat dari kedua orang tua Anda. Tidak ketinggalan memasukkan beberapanya untuk menjadi bridesmaid dan groomsmen.


4 bulan sebelum hari-H
Pesanlah kue pernikahan pada bulan ke empat sebelum pernikahan Anda. Pada bulan ini, Anda juga sudah bisa melakukan hal yang sangat disukai pasangan jelang pernikahan yaitu mencicipi makanan-makanan katering.


3 bulan sebelum hari-H
Bila Anda akan mengadakan acara di tempat ibadah, sekaranglah saatnya menentukan tempat yang cocok. Jangan lupa untuk memperhatikan apa yang boleh atau yang tidak boleh dilakukan di tempat ibadah ya.


2 minggu sebelum hari-H
Gaun serta jas Anda dan pasangan harus sudah beres pada saat ini. Anda juga harus menentukan playlist lagu pernikahan Anda. Anda juga sudah bisa mengirimkan undangan pernikahan pada tamu undangan yang berada di kota yang sama. Bila kerabat atau teman yang berada di luar kota, Anda bisa mengirimkan undangan sebulan sebelum hari-H.


1 minggu sebelum hari-H
Sepatu pernikahan harus sudah ready pada saat ini. Jika ingin custom sepatu, bisa dilakukan di tiga bulan jelang pernikahan. Lakukan pengecekan ulang semua vendor dan pastikan tidak ada yang terlewatkan.

Foto: dok. Freepik


2 hari sebelum hari-H
Pastikan kembali persiapan aman dan sesuai jadwal yang sudah Anda atur.


1 hari sebelum hari-H
Anda bisa sedikit beristirahat dan melakukan gladiresik.


Jangan lupakan untuk mempersiapkan mental Anda jelang pernikahan. Agar terhindar dari stres, Anda bisa lakukan beberapa hal ini bersama pasangan.
1. Manjakan Diri
Anda dan pasangan bisa menikmati perawatan diri di beberapa salon agar bisa meningkatkan mood agar calon pengantin bisa percaya diri dalam menghadapi persiapan pernikahan. Jangan sampai karena stres, Anda dan pasangan terlihat kusut atau wajah menjadi kusam di hari pernikahan.

2. Fokus pada Pasangan
Anda dan pasangan bisa menghabiskan banyak waktu berdua agar bisa mempererat hubungan. Mengobrolah dengan tenang dan jangan membicarakan hal yang dapat memicu konflik.

3. Membagi Tugas
Anda bisa berbagi tugas dengan pasangan agar tidak merasa sendiri dalam mempersiapkan pernikahan. Bila rasanya Anda tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri, bisa dengan meminta bantuan wedding organizer untuk urusan teknis pernikahan Anda.

Wedding Planning, Tips dan Trik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP