Wedding Organizer Vs Wedding Planner, Apa Bedanya Sih?

 

Foto: Freepik


Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, sudah berapa persen persiapannya? Apakah sudah ditahap kegalauan memilih wedding organizer (WO) atau wedding planner? Jangan salah pilih ya, karena ternyata kedua penyedia jasa pernikahan tersebut berbeda fungsi.


Sebelum memilih kedua penyedia jasa tersebut, coba ingat kembali tahap awal persiapan pernikahan Anda, karena pemilihan kedua jasa ini menyangkut pada apa saja kebutuhan pernikahan. Misalnya, apakah Anda dan pasangan sudah memiliki gambaran awal mengenai konsep pernikahan, atau justru belum memiliki bayangan apapun mengenai resepsi pernikahan. Jika sudah memiliki jawaban dari hal tersebut, barulah Anda bisa menentukan ingin menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer.


Wedding Planner
Penyedia jasa ini akan membantu Anda dalam merencanakan keseluruhan pernikahan, mulai dari persiapan pernikahan hingga akhirnya terwujud pernikahan impian Anda dan pasangan. Wedding planner akan membantu Anda mengurus dari tahap nol hingga 100% resepsi pernikahan.


Wedding planner akan mengurus pernikahan Anda mulai dari konsep pernikahan hingga memilihkan vendor yang cocok. Wedding planner juga akan menjadwalkan pertemuan Anda dengan vendor-vendor terkait sekaligus ikut bernegosiasi bersama Anda.


Foto: Freepik


Jika menggunakan jasa wedding planner, Anda bisa mengetahui rincian harga dari masing-masing vendor karena biasanya wedding planner memiliki rekanan vendor yang sudah terpercaya. Namun semua tergantung Anda, jika ingin menggunakan vendor rekanan dari wedding planner atau sudah memiliki vendor incaran sendiri. Perlu diketahui, biasanya vendor rekanan dari wedding planner akan memberikan Anda harga khusus rekanan.


Wedding Organizer
Kedengarannya sama dengan wedding planner, hanya saja wedding organizer akan membantu mewujudkan pernikahan yang sudah memiliki bayangan dan konsep pernikahan yang diinginkan sebelumnya. Penyedia jasa ini juga bisa berperan sebagai `Anda` yang akan mengatur segala hal terkait pernikahan, tapi Anda juga harus selalu mengevaluasi kinerja dari wedding organizer agar semua bisa sesuai dengan yang diharapkan.


Wedding organizer biasanya akan meminta daftar-daftar vendor yang sudah Anda pilih agar penyedia jasa tersebut bisa berkomunikasi dengan lancar untuk mengurus semua persiapan pernikahan. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sibuk bekerja, sangat cocok menggunakan wedding organizer ini.


Foto: Freepik


Untuk waktunya sendiri, wedding organizer bisa bekerja sebulan sebelum hari pernikahan Anda, sedangkan wedding planner bekerja minimal enam bulan sebelum hari pernikahan menyangkut urusan yang dikerjakan oleh wedding planner juga lebih banyak.


Jasa manapun yang Anda pilih, apapun bantuan yang diberikan kedua penyedia jasa tersebut, Anda tetap harus ikut andil dalam pengurusannya. Anda harus ikut dalam semua keputusan persiapan pernikahan karena sejatinya kedua penyedia jasa tersebut fungsi dasarnya adalah untuk membantu Anda mempersiapkan pernikahan Anda sendiri.

Wedding Organizer, Wedding Planning

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP