message

Yang Perlu Diketahui Jika Ingin Menggelar Virtual Wedding

 

Foto: Getty Images


Menikah di tengah pandemi virus corona memang memiliki tantangan sendiri. Banyak yang harus diperhatikan, contohnya saja Anda tidak bisa membuat pernikahan mewah karena tamu undangan yang dibatasi jumlahnya.


Ternyata, hal ini tidak menjadi kendala lagi. Anda masih bisa mengundang banyak tamu dan masih bisa bertegur sapa di hari pernikahan dengan konsep virtual wedding yang sedang viral akhir-akhir ini akibat pandemi yang tak kunjung usai. Caranya dengan memafaatkan teknologi seperti video call agar tamu undangan masih bisa melihat kebahagiaan Anda walau tak bertatap muka.


Tentu momen virtual wedding ini akan berbeda rasanya dengan melakukan pernikahan secara ‘normal’. Rasanya, ada saja yang kurang. Demi meminimalisir kekurangan tersebut, Anda bisa memaksimalkannya dengan tetap memakai busana pernikahan yang memang sesuai dengan impian Anda, berdansa dengan penuh khidmat hingga mengucapkan janji pernikahan dengan sangat lantang. Kata seorang ahli pernikahan, semakin Anda menormalkan pernikahan, semakin hilang rasa berbeda tersebut.


Apa yang Anda harapkan dari gelaran satu pernikahan? Pastinya ucapan selamat dan respon dari para tamu undangan. Makanya, jika Anda ingin mengadakan virtual wedding, Anda juga harus memperhatikan suara dan mikrofon para tamu. Sehingga di saat yang diharapkan, Anda bisa mendengar mereka bertepuk tangan atau mengucapkan selamat atas pernikahan Anda.


Tentunya, Anda juga harus memberikan isyarat, kapan para tamu bisa menyuarakan suara mereka dan kapan mereka harus mengikuti upacara pernikahan dengan khidmat terlebih dahulu. Anda pasti tak ingin mengacaukan pernikahan dengan suara-suara yang ‘bocor’ dari para tamu, bukan?


Pastikan juga Anda dan semua tamu undangan memiliki koneksi internet yang sangat baik agar tak mengganggu prosesi pernikahan. Ingat, pernikahan merupakan hari yang sangat istimewa, jangan sampai kelalaian kecil mengenai koneksi internet ini mengacaukan hari istimewa Anda. Tidak ada masalah yang lebih buruk dari kacaunya koneksi internet saat Anda menggelar virtual wedding.


Kemudian, Anda juga harus memperhatikan aplikasi video call apa yang akan Anda gunakan untuk menyiarkan acara pernikahan tersebut. Apakah Anda akan menggunakan aplikasi Skype, Zoom atau video streaming seperti livestream.com. Anda harus bisa memilih aplikasi terbaik yang bisa mencakup banyak orang, memiliki suara dan gambar yang bagus hingga yang lebih praktis.


Cek juga beberapa kelebihan dan kekurangan beberapa aplikasi tersebut. Misalnya saja, aplikasi Zoom memang memiliki cakupan lebih banyak dan praktis, namun kekurangannya ada pada durasi. Jika Acara pernikahan Anda lebih dari 45 menit, maka Anda akan dikenakan biaya, kalau tidak aplikasi tersebut akan berhenti dengan sendirinya di menit ke 45. Itu sebabnya, sebelum memutuskan Anda harus mencari-cari info terlebih dulu mengenai aplikasi mana yang akan digunakan untuk virtual wedding.


Sebagai pilihan yang lebih praktis, Anda bisa melakukan panggilan live streaming di beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, Google Hangout, bahkan YouTube. Hanya saja, jika Anda menggunakan beberapa platform media sosial ini, Anda tidak akan mendengarkan respon suara dari para tamu, Anda hanya akan mendapatkan respon melalui tulisan saja.


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, masalah utama dari penyelenggaraan virtual wedding adalah masalah teknologi. Jadi, jangan sampai koneksi internet Anda buruk dan salah memilih aplikasi video call ya. Selamat menikah!

Serba-serbi Pernikahan, Covid19

LEAVE A COMMENT

Comments

  • Rumah Design

    3 days ago

    Semoga segera berakhir corona ini


BACK
TO TOP