Yuk, Jangan Lupa Menulis Vendor Review Setelah Menikah!

 

Pernikahan Renno & Angeline | Wedding Organizer:SC Wedding Organizer | Foto: Manao Pictures

Menulis vendor review setelah Anda menggunakan layanan dan produk mereka adalah salah satu bagian dari layanan publik yang bertujuan untuk membantu para calon pengantin lainnya. Di samping itu ada yang mengatakan bahwa memiliki hak untuk menuliskan apa saja yang Anda rasakan – apakah Anda akan memuji vendor-vendor pernikahan yang telah membantu Anda atau sebaliknya mungkin ada beberapa vendor yang mengecewakan sehingga Anda terpaksa untuk menulis sejujurnya rasa kecewa yang Anda rasakan. Namun ada satu hal yang harus Anda mengerti bahwa apapun yang Anda tuliskan, apakah itu pujian atau kritik terhadap produk dan layanan mereka, semuanya akan memberi dampak bagi kelangsungan bisnis mereka. Oleh karena itu sebelum Anda mulai menulis sesuatu ingatlah untuk menulis dengan jujur, berimbang, dan juga dengan tujuan untuk membantu para calon pengantin lainnya.

Menulislah Dengan Jujur Adalan Kunci

Jika Anda kecewa dengan apa yang Anda dapatkan dari vendor pernikahan, tariklah nafas panjang sebelum menulis dan sadarlah bahwa kecewa adalah bagian dari emosi Anda. Dan, jika Anda akan menulis ulasan tentang kekecewaan Anda, tulislah dengan kata-kata yang sopan, tanpa tuduhan, serta menjelek-jelekan dengan berlebihan. Sebagai pengulas, bisnis si vendor ada di tangan Anda, oleh karena itu tulislah dengan jujur dan menggunakan kata-kata yang penuh kesopanan. Apa yang Anda rasakan, apa yang menjadi kesalahan si vendor, dan apa yang tidak sesuai dengan harapan Anda, bisa dituliskan dengan baik tanpa menggunakan kata-kata yang tidak sopan. Sebaliknya jika Anda akan memuji si vendor karena produk dan layanannya yang memuaskan, jelaskan kenapa, apa yang dilakukan si vendor, bagaimana dengan produk dan layanan yang diberikan untuk Anda dan pasangan di hari pernikahan Anda – sehingga calon pengantin lain yang membacanya juga mengerti alasan di balik pujian Anda.

Apa Adanya Jangan Berlebihan

Apakah Anda akan menulis ulasan yang negatif dengan kata-kata yang tidak senonoh hanya karena fotografer Anda terlambat lima menit karena macet di jalan menuju kompleks rumah Anda? Apakah Anda akan kecewa dengan warna merah bunga di buket Anda karena tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan? Mungkin Anda yang membaca tulisan di atas akan tertawa dan mengatakan hal itu tidak akan terjadi, tapi jangan salah, banyak pengantin menulis ulasan karena hal-hal yang kecil. Oleh karena itu, janganlah terlalu berlebihan jika hal negatif terjadi pada Anda dan sebaliknya janganlah juga memuji vendor seperti Anda memujanya jika produk dan layanan yang diberikan memuaskan Anda.

Tulislah Secara Lengkap

Kebanyakkan dari Anda karena sudah melewati pesta pernikahan akan malas untuk menulis ulasan vendor dengan jelas – lalu Anda akan menulisnya secara umum untuk menghemat waktu. Contohnya: vendor A bagus. Well… bagusnya dimana? Kenapa Anda menulis vendor itu bagus. Apa yang membuatnya bagus. Mungkin Anda tidak terbiasa menulis dan tidak punya waktu untuk menulis ulasan yang detil. Namun, jangan lah juga menulisnya dengan sangat umum karena orang yang membacanya juga akan bingung. Ingat lho, dengan menulis ulasan vendor secara tidak langsung Anda telah melakukan public service bagi para calon pengantin yang mungkin clueless di saat mempersiapkan pesta pernikahan mereka.

Luangkan Waktu Anda Untuk Menulis Review

Menulis ulasan vendor setelah pulang dari berbulan madu? Kemungkinan besar Anda tidak ada waktu karena mungkin pekerjaan kantor atau kesibukkan Anda sehari-hari akan menghalangi untuk duduk diam sejenak menulis ulasan tersebut. Anda mungkin telah lupa atau kehilangan keinginan untuk menulisnya satu per satu. Untuk itu, jangan menunggu. Bulatkan tekad untuk bisa mempunyai waktu agar dapat menuliskan apa yang ingin Anda ulas. Atau, catatlah poin-poin apa yang akan Anda tulis semasih semuanya masih segar di ingatan Anda.

Wedding Ideas, Serba-serbi Pernikahan


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP