message

Yora & Afi's White Wedding At Mandarin Oriental, Jakarta

PATRICIA YORA WENAS & AFINDRA FIRMAN ANWAR - 17 SEPTEMBER 2017
| 3140

Sama-sama berprofesi sebagai pilot, Yora & Afi dipertemukan oleh maskapai nasional, Garuda Indonesia. Yora yang sebelumnya bekerja di Tiger Mandala, yang kini pailit, datang ke Garuda Sentra Operasi untuk menjalani interview sebagai Chief Pilot.

HOW WE MEET
Sama-sama berprofesi sebagai pilot, Yora & Afi dipertemukan oleh maskapai nasional, Garuda Indonesia. Yora yang sebelumnya bekerja di Tiger Mandala, yang kini pailit, datang ke Garuda Sentra Operasi untuk menjalani interview sebagai Chief Pilot. Disanalah Yora bertemu dengan Afi yang langsung menyapa karena telah lebih dulu mengenalnya, mungkin karena pilot wanita tak banyak jumlahnya. Setelah memperkenalkan diri, Afi pergi sambil mengucapkan “Selamat datang di Garuda”, sambutan pertama yang diterima Yora bahkan sebelum ia diterima bekerja. Interview yang berjalan lancar menempatkan Yora di kelas training upgraiding Airbus 330, sekelas dengan Afi yang juga mengikuti training tersebut. Dari sanalah kedekatan mereka berawal. Sebagai seorang yang bersemangat dan ambisius, Yora merasa nyaman dengan Afi yang lebih santai dan sabar. Di sisi lain, Afi merasa lebih lengkap dengan kehadiran Yora yang lebih organized. Sifat masing-masing yang berlawanan ini justru membuat mereka merasa saling melengkapi.


WILL YOU MARRY ME
Saat itu, Juni 2016, Yora yang tengah bertugas menjalani rute Hongkong – Denpasar, harus menginap satu malam di Bali. Di saat bersamaan, Afi yang bertugas menjalani rute Jakarta-Denpasar-Incheon dan semestinya tidak menginap, sengaja datang lebih awal ke Bali untuk menemui pujaan hatinya tersebut. Berpakaian kasual, t-shirt dan celana pendek, Yora menerima ajakan Afi untuk makan malam di suatu tempat yang ternyata cukup romantis. Seusai makan malam, Afi memegang tangan Yora dengan wajah tegang dan mata berair. Tangannya yang gemetar membuat Yora mengira Afi sedang sakit, lalu Afi berlutut dan mengatakan, “Maaf, aku tadinya mau menaruh ini di dalam dessert, tapi karena kamu makannya banyak, aku takut nanti cincin ini ikut termakan, jadi aku pegang aja langsung,” Yora pun sontak tertawa mendengar pengakuan Afi. Pegawai restoran yang ikut berbahagia pun dengan senang hati mengabadikan peristiwa ini.

THE WEDDING THEME
Untuk pemberkatan Yora memilih tema white wedding, mewujudkan impiannya sejak kecil untuk menikah dalam nuansa putih yang merupakan warna favoritnya. Untuk melengkapi kesempurnaan aura putih ini, keluarga dan teman yang hadir pun diminta untuk mengenakan busana putih. Sementara romantic rustic garden menjadi tema resepsi pernikahan, menggabungkan impian Yora untuk menikah dalam suasana garden dan Afi yang menginginkan dekorasi rustic, dengan sentuhan suasana yang intimate dan romantis.

THE WEDDING PREPARATIONS
Menyandang profesi pilot dengan jam terbang yang tak menentu dan waktu libur yang juga sering berbeda, tentu membuat Yora dan Afi kesulitan untuk mengkomunikasikan persiapan pernikahan mereka. Hal ini ditambah segala tekanan jelang hari-H membuat Yora dan Afi kadang sengaja meminta jadwal terbang dengan destinasi yang sama, agar keduanya dapat bertemu dan meluangkan waktu di luar Jakarta, melupakan segala penat dan kesibukan.

Meski demikian, kebahagiaan melingkupi keduanya karena berhasil menemukan beberapa hal istimewa selama satu tahun persiapan. Cincin kawin misalnya, tak hanya dipilih buatan Cartier, sesuai kesukaan Afi, tetapi juga memiliki makna tersendiri. Bernama “Happy birthday Ring”, cincin yang berkesan klasik ini melambangkan perjalanan cinta yang dimulai pada hari ulang tahun Yora dan sempat putus pada hari ulang tahun Afi, mengingatkan keduanya untuk selalu bersama meski kadang hubungan mereka mengalami masa up & down. Sementara sahabat sekaligus bridesmaid Yora, bernama Regina yang kebetulan seorang desainer grafis, telah begitu baik mendesain logo, kartu undangan, buku pemberkatan dan sebagainya. Suvenir untuk acara pagi berupa parfum, dipilih dan dibawa sendiri oleh Afi dari Timur Tengah, sedangkan suvenir untuk resepsi malam dipesan khusus oleh mama Yora berupa pembuka botol berbentuk pesawat, mencerminkan profesi kedua pengantin. Dan tentu saja yang teristimewa adalah gaun pengantin yang terinspirasi dari Grace Patricia Kelly, Putri Monako era 1950-an.

THE BEST MOMENT
Momen istimewa bagi Yora adalah prosesi sungkem saat pemberkatan, dimana rasa haru, bahagia, dan sedih berbaur menjadi satu. Sementara itu, saat mingle dan dapat menyapa langsung para kerabat yang hadir, disanalah merupakan momen paling menyenangkan bagi Afi.

F&B
Seperti pengalaman keduanya yang telah melewati berbagai kota dan negara, menu pada resepsi pernikahan Yofa dan Afi pun begitu beragam. Mulai dari western menu seperti
US prime ribs, Wok-fried beef tenderloin with pepper in chef’s concoction Roasted spring chicken atau Assorted fruits pannacotta Seasonal tropical fruits on ice, hingga menu khas Nusantara seperti lawar dan sate lilit Bali atau Gado-gado Jakarta.

BACK
TO TOP