message

4 Masjid Favorit Sepanjang Masa untuk Akad Nikah di Jakarta

 

Foto: Freepik


Masjid merupakan bangunan atau tempat beribadah bagi umat Islam. Bagi umat Islam, menikah merupakan bagian dari ibadah. Oleh karena itu, banyak sekali yang memilih untuk melakukan akad nikah di masjid. Namun, mereka yang memilih menikah di masjid pasti memilih masjid dengan bangunan yang indah, megah atau memiliki sejarah khusus misalnya masjid yang bergaya campuran budaya asing seperti Timur Tengah.


Selain itu, masjid dipilih sebagai tempat mengikat janji suci juga karena beberapa masjid atau kebanyakan masjid besar memang menyediakan area serba guna yang bisa digunakan masyarakat umum. Di Jakarta, ada banyak masjid populer yang menjadi saksi pernikahan sepasang manusia. Ini masjid-masjidnya:


Masjid Agung At-Tin
Masjid ini berlokasi di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Struktur bangunan masjid ini persis seperti Masjid Usmaniah di Turki. Bangunannya sangat megah dengan kubah tunggal berukuran raksasa dan empat menara tinggi di setiap penjurunya.


Fasilitas di masjid ini juga terbilang lengkap karena tersedia panggung untuk akad, karpet, meja hingga delapan kursi tanpa kaki. Lebih istimewanya, Anda bisa sekalian melakukan resepsi pernikahan di masjid ini karena At-Tin menyediakan gedung serbaguna dengan kapasitas 700 orang dan lobby berkapasitas 500 orang.


Foto: Kompasiana


At-Tin juga memberikan fasilitas parkir kendaraan yang luas dan bisa menampung hingga 500 kendaraan roda empat. Harga sewanya juga sangat terjangkau dengan kisaran Rp 4 – Rp 7 jutaan untuk akad nikah dan berkisar Rp 15 jutaan bagi Anda yang ingin melakukan resepsi di sini.


Sejarah nama At-Tin diambil dari salah satu nama surah di Al-Quran, di samping itu sebenarnya nama masjid ini juga untuk mengenang jasa istri mantan presiden Soeharto yang bernama Tien karena pendirian masjid ini merupakan usaha anak-cucu Soeharto juga.


Masjid Dian Al-Mahri (Masjid Kubah Emas)
Pengelola Kawasan Islamic Center masjid ini menyediakan gedung serba guna hingga vila demi memenuhi kebutuhan umatnya yang ingin melangsungkan pernikahan di sini. Kapasitas gedung utama masjid mencapai 12 ribu orang. Bila ditambah dengan teras gedung, kapasitasnya bisa mencapai 15 ribu orang. Sedangkan untuk area parkirnya, bisa menampung 300 kendaraan roda empat atau 1.400 kendaraan roda dua.


Foto: Istimewa


Jika Anda ingin menikah di sini, kegiatan akad nikah hanya dilakukan di ruang utama masjid saja mulai pukul 07.00-09.00 WIB. Khusus pada hari Kamis, akad nikah bisa dimulai pada pukul 08.30-10.30 WIB.


Masjid Al Bina Gelora Bung Karno
Masjid ini merupakan salah satu masjid megah yang terpengaruh gaya Timur Tengah dan bisa dilihat dari kubahnya yang berwarna biru seperti Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki. Lokasinya sangat strategis di pusat Jakarta daerah Tanah Abang.


Foto: Istimewa


Fasilitasnya sangat lengkap diantaranya disediakan kursi tamu, meja penerima tamu, ruang VIP hingga ruang rias pengantin dan keluarga yang masing-masingnya dilengkapi dengan toilet dan pendingin ruangan. Adapun fasilitas tambahan yang bisa digunakan tanpa dipungut biaya adalah karpet, genset hingga area parkir untuk 20 mobil keluarga dan panitia.


Jika Anda ingin melangsungkan resepsi pernikahan, bisa memilih ruang Vanda yang mampu menampung hingga 750 tamu dan ruang Cattelya yang bisa didatangi hingga 2.000 tamu undangan dengan harga sewa mulai dari Rp 6-12 jutaan.


Masjid Agung Sunda Kepala
Masjid yang berada di kawasan elit Menteng ini dibangun sekitar tahun 1966 dan selesai dibangun tiga tahun kemudian. Masjid Sunda Kelapa memiliki keunikan sendiri karena tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya karena atapnya yang datar dan terbuat dari beton. Selain itu, sentuhan kaligrafi pada gapuranya juga menambah kesan Islami yang kental.


Foto: Detikcom


Sejarah pemberian nama Masjid Agung Sunda Kelapa karena masjid ini sengaja dibentuk menyerupai perahu yang sering bersandar di Pelabuhan Sunda Kelapa pada masa lampau.

Wedding Venue, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP