5 Hal Yang Harus Diperhatikan Pengantin Untuk Menikah Di Era Pandemi

 

Pernikahan Andreas & Silvia | Foto: Iluminen | Venue: Amaryllis Boutique Resort

Selama lebih dari satu setengah tahun seluruh dunia termasuk Indonesia memasuki masa pandemi yang pada intinya kita tidak tahu kapan akan berakhir. Namun, salah satu yang tidak bisa dihindari adalah melangsungkan pesta pernikahan. Banyak para calon pengantin sudah menyelenggarakan akad nikah, pemberkatan pernikahan, dan juga resepsi pesta pernikahan mereka dalam beberapa bulan terakhir ini. Bahkan sepertinya industri pernikahan seperti mulai bangkit dengan tren intimate wedding yang banyak digelar di pesta-pesta pernikahan sebelum Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dijalankan.

Walaupun Anda dan pasangan bisa menunda hari pernikahan Anda bahkan sampai tahun berikutnya, tapi ada pula calon pengantin yang tetap akan melangsungkan pernikahan mereka sesuai dengan tanggal yang telah dipilih. Banyak hal yang perlu disesuaikan, misalnya hanya melangsungkan akad nikah atau pemberkatan pernikahan saja dengan maksimal hanya tiga puluh orang saja di acara tersebut. Namun, ada banyak hal yang perlu Anda berdua persiapkan untuk menikah di era pandemi seperti sekarang ini. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini.

Pernikahan Budi & Rachel | Foto: Memoira Studio | Venue: InterContinental Jakarta Pondok Indah Hotel & Residence

Penting Untuk Menghindari Gorengan dan Makanan Berminyak

Artikel ini bukan akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan, tapi menghindari makanan berminyak paling tidak dua minggu sebelum Hari-H adalah sebuah keharusan bagi Anda berdua. Sakit tenggorok adalah kunci dari turunnya imunitas tubuh dan di masa pendemi sekarang ini, Anda, pasangan, dan keluarga pasti tidak ingin imunitas tubuh menurun gara-gara hanya ingin menuruti keinginan menyantap gorengan atau makanan berminyak. Oleh karena itu, hal terpenting yang harus dihindari sebelum hari istimewa Anda adalah menjaga kesehatan dengan tidak makan gorengan atau makanan berminyak lainnya.

Pernikahan Ferika & Alvi | Foto: Wedday Photography | Venue: Eastparc Hotel

Siap Mental Untuk Menghadapi Hal Yang Tak Terduga

Masa-masa sekarang ini adalah masa yang yang tak terduga. Anda sudah merencanakan pesta pernikahan berbulan-bulan sebelum tanggal yang dipilih tapi ternyata tanggal tersebut jatuh di masa PPKM. Apa yang harus Anda lakukan? Atau bahkan tiba-tiba ada anggota keluarga inti yang positif terkena virus Covid-19 dan harus melakukan isolasi mandiri. Rasa panik dan ingin menangis adalah hal yang wajar. Tapi bagaimana Anda dan pasangan menghadapi tantangan hal yang tak terduga di hadapan Anda berdua akan menjadi cerminan bagaimana menjalankan bahtera rumah tangga Andab berdua kelak.

Pernikahan Bima & Irene | Wedding Planner: IKK Wedding

Wedding Planner yang Berpengalaman adalah Kunci

Knock on wood. Saat Anda berdua harus menghadapi banyak tantangan dan cobaan mendekati Hari-H, Anda berdua akan merasa sangat bersyukur dibantu oleh wedding planner atau wedding organizer yang profesional dan berpengalaman. Komunikasi yang baik dan respon yang tanggap adalah dua hal penting yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi perubahan rencana yang tidak bisa diprediksi di era pandemi seperti sekarang ini. Wedding planner yang berpengalaman bisa membantu Anda menyelesaikan dan mengatasi bermacam tantangan agar rencana pernikahan Anda bisa berjalan dengan baik.

Pernikahan Laras & Hadied | Foto: Buana&Co | Venue: The Westin Jakarta

Venue Pernikahan yang Cepat Tanggap Menghadapi Perubahan

Jika Anda sudah merencanakan resepsi pernikahan untuk 100 orang tamu dan tiba-tiba harus merubah acara menjadi hanya untuk tiga puluh orang saja di dalam satu ruangan karena tanggal pernikahan Anda jatuh di masa PPKM, lalu bagaimana? Selain wedding planner yang berpengalaman, venue pernikahan yang cepat tanggap menghadapi perubahan di masa seperti sekarang akan sangat membantu Anda. Saat Anda mencari tempat untuk menikah di awal-awal persiapan pesta pernikahan, ingat bahwa Anda berdua menikah di zaman pandemi. Bukan hanya protokol kesehatan saja yang perlu dipertanyakan ke venue yang Anda pilih, tapi juga jika terjadi pembatasan kegiatan dari pemerintah, apa yang dapat mereka tawarkan untuk Anda berdua dan seberapa fleksibel mereka menghadapi perubahan ini?

Pernikahan Danica & Kevin | Foto: AA Fotografi | Venue: DoubleTree by Hilton Jakarta - Diponegoro

Menjalankan Standar Protokol Kesehatan Setinggi Mungkin

Sebagian besar calon pengantin memilih untuk menikah di luar ruangan karena sirkulasi udara yang lebih baik dibanding di dalam ruangan. Tidak salah memang. Tapi apakah Anda berdua akan melangsungkan acara di luar ruangan atau di dalam ruangan, protokol kesehatan adalah hal yang teramat penting untuk dilakukan, terutama bukan hanya untuk tamu-tamu undangan Anda, tapi juga dari anggota tim yang mendukung pesta pernikahan Anda. Apakah mereka sudah swab sebelum acara dimulai, bagaimana dengan jarak tempat duduk para tamu, hand sanitizer, dan lain sebagainya perlu dibicarakan secara detail untuk mendapatkan standar kesehatan semaksimal mungkin.

Wedding Planning, Zaman Now, Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP