6 Tips Penting Memilih Cincin Pernikahan

Menjadi simbol ikatan suci antara dua insan yang berjanji untuk selalu bersama sehidup semati, cincin pernikahan menjadi salah satu item yang penting untuk diperhatikan oleh pasangan calon pengantin. Diharapkan akan digunakan seumur hidup, pemilihan cincin pernikahan biasanya benar-benar disesuaikan dengan karakter pasangan pengantin. Meski terkadang ada juga pasangan yang mengganti cincin pernikahan mereka di usia perkawinan tertentu, namun cincin pernikahan yang pertama kali dikenakan tetap menjadi benda yang memiliki nilai kenangan tersendiri.

Untuk mendapatkan cincin penikahan yang tepat dan nyaman untuk Anda kenakan sepanjang sisa hidup Anda. Ada beberapa hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum menentukan cinicn pernikahan yang akan Anda pilih.

  1. Tetapkan anggaran

Setiap orang bisa memiliki impian mengenakan cincin tertentu yang bukan hanya indah tetapi juga berkilau setiap saat. Namun tentu saja impian tersebut harus disesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Bicarakan terlebih dulu dengan pasangan berapa bujet yang ditetapkan untuk sepasang cincin pernikahan yang akan Anda kenakan. Dengan mengetahui anggaran yang Anda miliki, akan lebih mudah memilih jenis dan material cincin yang akan Anda pilih.

  1. Pilih bahan dasar cincin

Kebanyakan pasangan memilih emas kuning atau emas putih sebagai bahan dasar cincin. Dengan kadar dan berat yang berbeda-beda tentunya. Akan tetapi masih ada beberapa logam yang juga kerap dijadikan bahan dasar cincin seperti perak, platinum, atau palladium. Pelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing bahan sebelum Anda menentukan pilihan.

  1. Kenali model cincin pernikahan

Salah satu model cincin pernikahan yang tak lekang oleh waktu adalah solitaire. Tak heran bentuk ini menjadi favorit begitu banyak pasangan dari waktu ke waktu. Bentuk cincin kawin bulat polos pun menjadi salah satu bentuk favorit karena mengandung filosofi terjalinnya kehidupan rumah tangga yang lancar tanpa suatu hambatan. Akan tetapi, semua berbalik kepada Anda dan pasangan, cincin seperti apa yang paling sesuai dengan karakter dan kepribadian Anda berdua.

  1. Tentukan ukuran cincin dengan tepat

Selanjutnya, Anda juga wajib menentukan ukuran cincin dengan tepat agar nyaman digunakan sepanjang masa. Hindari memilih ukuran cincin terlalu besar atau kecil dengan ekspektasi perubahan berat badan pasca pernikahan. Saat terbaik untuk membeli cincin pernikahan adalah di sore hari ketika Anda berada dalam suhu tubuh normal. Jangan membeli cincin secara tergesa-gesa yang menimbulkan kesalahan pemilihan ukuran cincin.

  1. Periksa kualitas cincin dan pikirkan perawatannya

Pembelian cincin pernikahan dengan kualitas terbaik biasanya dilengkapi dengan dokumen lengkap. Biasanya dokumen cincin pernikahan akan disertai dengan keterangan bahan, kadar, berat, tanda pembuat cincin, hingga tanda kualitas seperti 24K atau PLAT. Beberapa toko perhiasan juga menyediakan fasilitas garansi apabila sewaktu-waktu ingin membersihkan atau mengubah ukuran cincin. Tak hanya itu, cincin dengan bahan dasar logam mulia memerlukan perawatan khusus untuk menjaga penampilannya tetap cantik. Untuk itu, pelajari cara merawat yang paling mudah menurut Anda, terlebih karena cincin tersebut akan terus melekat di jari manis Anda.

Foto : Adelle Jewellery

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP