7 Persiapan Pernikahan yang Harus Anda Siapkan Sekarang Juga!

 

Foto: Freepik


Saat ini, kehidupan kita belum sepenuhnya normal akibat pandemi virus corona (Covid-19). Namun kabar baiknya, kini kebanyakan negara termasuk Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi yakni, era new normal. Jika Anda salah satu calon pengantin yang persiapan pernikahannya sempat tertunda akibat pandemi, kini saatnya kembali memulai persiapan pernikahan tersebut, dimulai dari 7 poin penting ini.


1. Periksa kembali perjanjian dengan vendor pernikahan
Anda harus segera membereskan kontrak-kontrak dengan beberapa vendor karena mungkin banyak beberapa hal yang tertunda dan sudah melewati masa kontraknya akibat pandemi. Tanyakan bagaimana perpanjangan kontrak tersebut dan jangan lupa untuk membuat kembali tanggal baru untuk hari istimewa Anda.


2. Kembali mengurus daftar tamu undangan
Kini bukan lagi saatnya Anda dilema memikirkan siapa yang akan diundang dan yang tidak bisa diundang. Hilangkan rasa bersalah karena tak bisa mengundang beberapa tamu undangan. Anda harus memastikan dengan baik siapa yang layak untuk datang ke pernikahan Anda demi keselamatan semua tamu undangan termasuk Anda sendiri. Misalnya, tidak perlu mengundang kerabat di luar kota, tidak perlu mengundang tamu lansia, ibu hamil dan yang ibu yang masih memiliki di bawah umur. Cukup dengan memberikan kabar bahagia dan meminta doa terbaik dari mereka untuk perikahan Anda saja.


3. Beri kabar pada seluruh tamu undangan
Jika sebelumnya Anda sudah mengirimkan undangan namun ternyata pernikahan Anda ditunda, maka jangan lupa untuk memberikan kabar pada seluruh tamu undangan bahwa pernikahan Anda akan ditunda. Kabar ini bisa Anda kirimkan melalui e-mail atau melalui pesan pribadia lainnya, seperti WhatsApp, direct message di Instargram dan lain sebagainya.


4. Memilih buket bunga
Memilih buket bunga adalah salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan di masa seperti saat ini karena Anda bisa melihat beberapa model bunga yang disukai melalui fotonya saja. Berbeda dengan memilih gaun pengantin yang mungkin tak hanya cukup dilihat dari foto karena perlu merasakan tekstur dan harus mencobanya agar pas di badan Anda.


5. Berpikiran positif
Jangan stres dengan pemberitaan pandemi yang tak kunjung usai. Anda perlu membuat diri lebih rileks dengan kegiatan-kegiatan positif. Jika Anda hanya memikirkan berita negatif saja, maka persiapan pernikahan Anda akan selalu terhambat.


6. Perbaharui konsep pernikahan
Hal yang paling penting saat Anda merencanakan pernikahan kembali di masa seperti ini adalah mengubah konsep pernikahan itu sendiri. Tak mudah memang, karena harus bisa menerima bahwa pernikahan tak sesuai keinginan semula namun pernikahan ini harus tetap berkesan.


Misalnya yang awalnya Anda ingin membuat pesta pernikahan megah dengan mengundang banyak tamu, mungkin Anda harus mengubah konsep tersebut menjadi pesta pernikahan intimate yang hanya mengundang orang-orang terdekat saja. Namun jangan khawatir karena pernikahan intimate bisa dibuat sangat berkesan seperti perikahan megah Anda, jika direncanakan dengan sangat matang dan dibantu dengan ahlinya seperti wedding planner.


7. Beri suvenir buatan sendiri
Saat ini, masih banyak yang memberlakukan sistem work from home (WFH), artinya Anda bisa melakukan banyak hal di rumah selain urusan pekerjaan kantor. Karena konsep pernikahan Anda dialihkan menjadi perikahan intimate dengan tamu undangan yang tak terlalu banyak, Anda bisa membuat sendiri suvenir pernikahan untuk para tamu undangan. Selain bisa mengisi waktu selama #dirumahaja, suvenir itu akan lebih berkesan dan tentunya berbeda dari yang lain.

Tips dan Trik, Serba-serbi Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP