Besarnya Peran Among Tamu Hingga Pagar Ayu dalam Pernikahan Jawa

Tugas seorang calon pengantin tidak hanya memikirkan penampilan dirinya sendiri, namun ada orang-orang di sekeliling kedua mempelai yang juga butuh diperhatikan. Seperti among tamu, penerima tamu, orang tua kedua belah pihak dan pagar ayu-pagar bagus. Dalam acara pernikahan keberadaan orang-orang tersebut berperan penting, sebab mereka menjadi bagian tak terpisahkan yang akan terasa kurang lengkap bila dalam sebuah acara pernikahan tanpa adanya kehadiran mereka. Sedemikian penting arti kehadiran mereka, sehingga penampilan mereka pun perlu dijaga karena mereka menjadi bagian dari image sebuah pernikahan.

Karena alasan tersebut kedua pengantin pun tidak ragu mengeluarkan bujet lebih untuk membiayai busana hingga makeup untuk among tamu, penerima tamu, orang tua kedua belah pihak dan pagar ayu-pagar bagus. Mencari vendor yang menyediakan busana serta makeup pun mudah ditemukan pada vendor busana pengantin, vendor makeup artist dan lainnya. Selain itu ada pula paket yang ditawarkan masing-masing vendor yang mencakup busana sekaligus makeup dengan harga bervariatif.

1. Penerima tamu
Meskipun kini mudah ditemukan vendor yang menyediakan jasa user sebagai penerima tamu, tetapi atas dasar kepercayaan lebih sering pengantin masih mengandalkan anggota keluarga yang dapat dipercaya. Biasanya perempuan berusia remaja atau sudah dewasa yang diminta bertugas di pintu masuk bersiap menerima tamu yang baru datang. Mereka bertanggung jawab mempersilakan tamu untuk mencatat di buku tamu serta memasukkan uang angpao.

2. Orang tua kedua pengantin
Sebagai pendamping kedua pengantin, kedua belah pihak orang tua pun tidak ingin kalah, mereka pun menginginkan penampilan yang sesempurna mungkin. Soal busana, terkadang pengantin memilih tema warna busana yang senada dengan kedua orang tua agar serasi, namun tidak dipungkiri juga ada pengantin yang memilih membedakan antara tema warna busana pengantin dengan busana kedua orang tua agar penampilan kedua pengantin tampak berbeda. Perbedaan tersebut tergantung dari selera kedua pengantin, mana yang ingin dipilih.

3. Among tamu
Berdiri menyambut para tamu merupakan tugas dari para among tamu. Keberadaan mereka dapat mudah ditemui di depan pintu masuk ketika para tamu baru datang. Umumnya, among tamu terdiri dari lima pria dan lima wanita yang berpasang-pasangan yang bertugas menyambut tamu yang baru datang. Mereka yang terpilih menjadi among tamu berasal dari pihak keluarga atau teman kerja yang bertugas untuk menandai siapa saja tamu yang sudah hadir.

4. Pagar ayu dan pagar bagus
Dengan penyebutan yang berbeda, bridesmaid dan groomsmen mirip dengan pagar ayu dan pagar bagus pada adat Jawa. Parag ayu dan pagar bagus biasanya terdiri dari keluarga dari pihak mempelai wanita atau pria, mereka bertugas menjadi pengiring pengantin.

Foto: Dok. Istimewa

Ingin merencanakan pernikahan?

Anda bisa konsultasikan di Hotline Whatsapp official Weddingku.

CHAT WITH US

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP