Busana Ningrat "The Raden"oleh Musa Widyatmodjo

Bertepatan pada tanggal 21 April 2017 yang diperingati sebagai hari lahirnya R.A. Kartini, Musa Widyatmodjo mempersembahkan koleksi busananya yang berjudul "The Raden" di ajang Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF). Hari Kartini yang identik dengan kebaya tidak dihilangkan dalam 18 koleksi busana wanita rancangan Musa, namun ada unsur modern yang dikawinkan dalam koleksi ini seperti penggunaan blazer. Mengikuti perkembangan zaman dimana Kartini masa kini yang berpendidikan dan independen perlu busana formal ke kantor dengan menggunakan blazer yang juga dapat dilepas sehingga yang tertinggal hanya kebaya yang cocok untuk acara santai hingga resmi.

Deretan kebaya yang menjadi sekuen pertama diawali dengan warna putih ciri khas Kartini beserta padanan kain batik Jogja dan Solo berwarna hijau pupus, kuning kunyit, salem yang berasal dari pewarna alam. Menyusul kemudian 30 busana pria yang banyak mengadaptasi potongan beskap busana pria ningrat Jawa. Agar tidak terlalu berat, beskap mendapat modifikasi dari berbagai sisi untuk kesan formal sekaligus trendy.

Pada koleksi pria sengaja dibubuhkan ornamen pelengkap bergaya army seperti lencana yang menyimbolkan kekuasaan. Lalu untuk melengkapinya sepatu yang disponsori Tina Wahono tampak sedikit berbeda, yang membawa kesan fancy. Sementara pendukung lainnya seperti handybag disponsori oleh Dharmesta, kuku oleh CND, dan aksesori pria oleh Sen Artisan.

Foto: Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP