message

Cara Melindungi Tamu Pernikahan dari Virus Corona

 

Foto: Freepik


Saat virus corona sudah menjadi pandemi di seluruh dunia, pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan pasti bertanya-tanya bagaimana kelanjutan dari pesta pernikahan mereka. Bagaimana dengan rencana bulan madu mereka.


Untuk sementara ini, memang belum ada kepastian yang akan diterima para pasangan yang ingin menikah selain menunda pernikahan dan bulan madu hingga waktu yang belum ditentukan. Bahkan hingga detik ini, yang terinfeksi virus masih bertambah, belum mengalami penurunan, yang artinya masih dalam masa darurat bencana. Oleh karena itu, perlu untuk mengatur kembali pernikahan Anda.


Jika Anda masih ingin membuat acara pernikahan (tentunya dengan arahan dan aturan dari pemerintah), maka bukan hanya diri sendiri dan pasangan yang harus dijaga keselamatannya, tapi juga seluruh tamu undangan pernikahan Anda.


Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda dan pasangan lakukan, misalnya dengan melakukan pernikahan di luar ruangan karena cahaya matahari dapat mengurangi penularan virus. Upaya selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memberi jarak bagi tamu yang hadir. Anda bisa menyusun kursi dengan jarak minimal 1 meter tiap kursinya. Hal ini sangat membantu mengurangi risiko terpaparnya virus corona.


Untuk penyajian makanan, hindari penyajian secara prasmanan. Lebih baik, porsi makanan sudah disesuaikan dengan jumlah tamu yang hadir, menyangkut tamu pernikahan sudah pasti tidak terlalu banyak. Jadi membuat sesuai porsinya akan meminimalisir penyebaran virus dari tangan ke tangan.


Untuk menunya juga bisa disesuaikan, misalnya Anda menambahkan beberapa box khusus makanan sehat dan alami. Misalnya menyediakan salad buah dan lain sebagainya. Jadi, Anda sebagai penyedia acara ikut membekali vitamin untuk semua tamu undangan.


Usahakan untuk tidak mengundang tamu yang sudah lanjut usia karena penelitian menunjukkan bahwa virus corona yang menjajal sistem pernapasan ini lebih banyak menyerang lansia. Hal ini dikarenakan lansia sudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, begitupun wanita hamil.


Jangan takut atau ragu untuk tidak mengundang tamu lansia dan wanita hamil, karena hal ini demi kebaikan Anda dan tentunya keselamatan tamu undangan Anda juga. Namun, jangan lupa untuk mengabarkan bahwa Anda sudah menikah pada tamu-tamu yang tidak Anda undang tersebut ya. Hal ini membuktikan bahwa Anda masih menghargai mereka-mereka yang tidak sempat diundang karena wabah ini.


Untuk lebih singkatnya, berikut cara Anda menjaga tamu undangan pernikahan dari virus Covid-19:


1. Usahakan hanya mengundang keluarga inti yang sehat jasmani dan rohani saja
2. Tidak mengundang tamu jauh atau tamu yang berasal dari daerah yang terdampak
3. Tidak mengundang wanita hamil dan lansia
4. Membersihkan semua ruangan dan peralatan dengan disinfektan
5. Memberi jarak pada tamu minimal 1 meter
6. Hindari penyajian makanan secara prasmanan
7. Menyediakan makanan yang sehat dan alami
8. Yang terpenting, kurangi kontak fisik

Serba-serbi Pernikahan, Health, Covid19

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP