Des Iskandar Decoration: Memelihara Budaya Bangsa

Dari sekian banyak dekorator tradisional khususnya dekorator tradisional Minang, nama Des Iskandar Decoration termasuk salah satu dekorator yang sangat dikenal oleh sebagian besar masyarakat Minang di Indonesia, terutama di Jakarta. Ibu dari 3 anak ini dikenal profesional dan handal dalam mendekor sebuah pelaminan Minang.

Sarjana Pendidikan jurusan Tata Rias Universitas Nasional Jakarta ini memang tidak setengah-setengah dalam mendekorasi pelaminan tradisional khususnya pelaminan tradisional Minang. Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi ciri khas pelaminan adat Minang yaitu merupakan miniatur Rumah Gadang dengan gonjongnyo (atap rumah) mirip seperti tanduk kerbau yang mencuat ke atas, yaitu ke kiri dan ke kanan serta sebuah menghadap ke depan.

Pelaminan yang elok dihiasi ukiran-ukiran dengan motif Minang di kayu, bilik yang dibuat ganjil sesuai dengan jumlah anak perempuan yang ada di pihak mempelai, banta gadang, adanya tirai (langik-langik) di atas tempat persandingan untuk menggantugkan mainan angkin dan karamalai, adanya lalansia, kulambu balapih (kelambu berlapis dengan jumlah ganjil yang menunjukan derajat si keluarga mempelai) dan banta-banta kopek pada bilik utamanya. Selain itu mempunyai galuang dan kain jalin dengan buntun-buntun pengapit biliknya.

Atribut lain yang digunakan seperti payung kuning, penempatan dulang-dulang, badalamak, lumbung padi di sisi kiri dan kanan yang menjadi simbol kemakmuran bagi orang Minang. “Hal ini menandakan bahwa orang Minang tidak akan mati kelaparan,” papar wanita yang kerap disapa Ibu Des. Yang menarik, bahan-bahan yang digunakan baik untuk tabia maupun untuk yang lainnya yaitu kain-kain bersulam benang emas atau disebut Kain Tabir Tenunan Benang Emas dengan ukiran Minang.

Tak ada yang menampik keindahan dan keunikan dekorasi Des Iskandar decoration. Selain menggunakan material bahan kain yang selalu baru dan dijahit tangan, juga menggunakan ukiran-ukiran baru. “Karena dijahit dengan tangan, makanya pelaminan kreasi Des Iskandar Decoration hanya bisa digunakan untuk satu kali, tidak bisa lebih,” imbuhnya lagi. selain itu, Ibu Des rajin berkeliling daerah Sumatera Barat untuk melihat ukiran-ukiran di setiap nagari di propinsi tersebut. diakuinya, setiap nagari memiliki ukiran yang berbeda mewakili nagari masing-masing. Dengan begitu, dekorasi pelaminan yang diciptakan oleh tangan dingin Ibu Des semakin menawan dan berdesain baru.

Ketika disinggung soal darimana keahlian mendekorasi pelaminan berasal, Ibu Des memaparkan kalau nenek dan ibunya memiliki peran yang cukup besar. “Ibu saya punya pelaminan Minang karena memang suka. Tapi ketika ada calon mempelai yang ingin memakai pelaminan tersebut, yang memasang pelaminannya justru orang lain,” senyum Ibu Des menceritakan hal itu. Selain itu, sang nenek juga sering memasangkan suntiang balenggek, hiasan kepala anak daro Minang. “Pertama kali saya terjun di dunia pernikahan ketika adik saya menikah tahun 1984 dan saya yang pasang sendiri suntiangnya,” kenang Ibu Des yang sejak tahun 1974 mengelola salon kecantikan di daerah Otista.

Melestarikan budaya Minang melalui busana pengantin, pelaminan merupakan tujuan utama ia berkiprah di dunia pernikahan. Bahkan, ia tak menyangka jika keahliannya dalam mendekorasi pelaminan, merias pengantin, dan memasang suntiang juga diikuti ketiga anak kandungnya Dysa Iskandar ( Make-up & Suntiang), Dyna Iskandar ( Desain Busana) dan Dhanny Iskandar ( Dekorasi ) yang kini ikut membantu bisnisnya tersebut.

Teks: Ratri Suyani
Foto: Des Iskandar Decoration

LEAVE A COMMENT

Comments (16)

  • rosa veliani

    23 Feb 14

    sore bu des...boleh minta harga pelaminan padang berikut dekorasinya untuk wedding saya di bulan des terimakasih sebelumnya

  • Miyaw

    26 Jun 13

    siang Bu Des,,,minta CP na boleh? aku mau ada wedd bulan dec`13

  • 07 Nov 12

    Boleh minta PL nya dekor internasional dikirim ke email saya? Thanks

  • Dewi Nasien

    24 Jan 12

    salam ibu des...saya mau nanya harga pelaminan utk konsep minimalis? apa ibu ada cabang untuk daerah pekanbaru? terimakasih.

  • 06 Nov 11

    Hai Ibu DES .. Apa kabar? Saya Wati yg duly pernah kerja di tempat Ibu DES..

  • 10 Aug 11

    anak saya akan menikah 12 Februari 2012, ingin memakai pelaminan ibu Des, berapakah harga yg terjangkau, sederhana elegan sedikit modern, gedungnya di Aneka Tambang, terimakasih.

  • 02 May 11

    ya saya kagum atas seni`peralatan pesta desiskandar,harga terjangko relatif murah tapi kesan mewah

  • fenny

    04 Mar 11

    ass tante aku mau tanya untuk paket untuk weddingnya

  • Dina Amalia

    10 Feb 11

    Salam kenal tante,tahun 2011 ini insya allah jadi `anak daro`, bole tau harga paket dari Des Iskandar nggak? Apa iya adat minang itu mahal?Makasih.

  • 17 Mar 10

    hai bu des, ibu ... dekor pelaminannya bagus bgt, boleh tau nomor telp ibu gak ?

  • 22 Oct 09

    kebeneran..di sana bisa buat adat palembang ga..?trus aq boleh tahu harga paket u/ pelaminan nya?trus apakah itu sekalian dgn rias dan upacara adatnya..?maaf banyak nanya nya..terima kasih

  • 13 Oct 09

    Siang,Luar biasa dekorasi Ibu, saya lihat ibu banyak menggunakan bahan Vitrase ya?? Kebetulan Toko Saya Sedang SALE BESAR-BESARAN untuk bhan Wedding Terutama Vitrase dan masih byk lagi,Hub saya 08159339706. trmksh

  • 13 Oct 09

    Boleh minta contact number nya bu?

  • yona ednovelni

    31 Aug 09

    salam kenal bu des ...bu aku mo tau hrg paket yg ada di Des Iskandar Decoration ,,, terima kasih

  • olivia

    24 Aug 09

    ibu Des, pelaminannya bagus sekali. boleh minta no telp ibu ? saya tertarik untuk pernikahan saya. trims.

  • 16 Aug 09

    lam kenal bu Des Iskandar....wah kebetulan bgt....pa blh aku tau hrg paket dekornya???

BACK
TO TOP