Destination Wedding? How?

Photo : Punyan Photography

“I wanted to get married in a beautiful island surrounded by the family I love and the closest friends I care”

Pernahkah Anda dan pasangan berangan-angan untuk mengucapkan janji setia dan membagi kebahagiaan pesta pernikahan di sebuah tempat yang indah dan romantis, dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman terdekat? Dimana mereka bukan saja menjadi saksi kebahagiaan pernikahan Anda namun Anda berdua pun dapat berlibur bersama dengan mereka?

Destination wedding menjadi jawaban atas angan-angan tersebut.

Jadi apakah destination wedding itu? Destination wedding adalah sebuah pesta pernikahan yang direncanakan dan diadakan di sebuah tempat yang indah di luar kota tempat Anda tinggal, bisa di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Di Indonesia, tempat yang paling terkenal dan menjadi salah satu destinasi pernikahan utama dunia adalah Bali. Karena keindahan alam dan budaya yang tidak ada bandingannya itu, Bali sudah dikenal dunia sejak dahulu kala dan menggerakkan banyak pasangan untuk menjadikan keromantisan pulau ini sebagai bagian hari yang istimewa bagi mereka. Selain itu, kesiapan fasilitas dan juga berbagai layanan di Bali sendiri sebagai daerah tujuan wisata memudahkan banyak pasangan untuk merencanakan pesta pernikahan mereka di Bali, baik dari berbagai kota besar di Indonesia maupun dari luar negeri.

Photo : Terralogical Wedding Photography

Bagaimana Memulai Perencanaan Destination Wedding?

Jadi sebetulnya saat pengantin itu melakukan destination wedding, apa yang didapat oleh mereka dan bagaimana merencanakannya?

Pertama-tama, sebuah destination wedding itu istimewa. Pasangan pengantin mendapatkan momen dan suasana yang begitu indah dan tak terlupakan. Mereka bisa menikmati pesta pernikahan yang sesungguhnya dalam arti si pengantin berada di antara keluarga dan orang-orang yang dikenalnya. Bayangkan sebuah suasana yang begitu intim, lokasi yang sangat indah, dan juga pesta yang tak terlupakan!

Merencanakan pesta pernikahan di kota tempat tinggal sang pengantin saja sudah menjadi tantangan yang memusingkan. Merencanakan sebuah destination wedding tentunya akan menambah tantangan itu menjadi dua kali lipat. Tapi jika direncanakan dengan benar, destination wedding akan menjadi sebuah momen yang tak terlupakan bagi pasangan pengantin dan juga para tamu yang diundang.

Hal yang utama sebelum memulai perencanaan destination wedding adalah seberapa besar keinginan Anda berdua dan juga dukungan keluarga, terutama orang tua, untuk menyelenggarakan pesta pernikahan yang tidak lokal ini?

Photo : Delont Photoholic

Perencanaan Selanjutnya

Jika Anda benar-benar mendapat dukungan orang tua dan keluarga untuk menyelenggarakan destination wedding, maka perencanaan selanjutnya pun dimulai.

Tentunya tidak mudah untuk mengkoordinasi bermacam-macam vendor pernikahan lokal termasuk tempat pernikahan, perencana pesta pernikahan, musik, hiburan, katering, make-up-artist, officiant, dan masih banyak lagi. Calon pengantin sendiri juga tidak akan berada di tempat pernikahan dia, katakan Bali, selama berbulan-bulan untuk mengurus pestanya bukan?

Perencanaan dimulai dari mencari tempat pernikahan yang diingini, dari situ semuanya akan lebih mudah direncanakan.

Ketika Anda memilih untuk menikah di Bali, Anda dapat memilih untuk menikah di berbagai kapel, hotel, resor, atau di private villa yang juga banyak terdapat di pulau ini. Tentu saja perencanaan ini dapat dimulai dengan datang dan mengunjungi berbagai lokasi pernikahan di Bali.

Siapa Saja Yang Diundang dan Siapa Yang Membiayai?

Untuk mendapatkan suasana yang intim dalam sebuah destination wedding, maka kebanyakan pesta pernikahan ini seperti sekumpulan kecil orang yang merayakan kebahagiaan bersama pasangan pengantin. Keluarga dan teman dekat menjadi bagian utama dari tamu-tamu yang mengelilingi pengantin, oleh karena itu pesta pernikahan ini hanya mengundang tamu di bawah seratus orang dan jarang lebih dari itu.

Keluarga dekat dan teman dekat biasanya akan diundang, dengan perbandingannya 60% adalah teman dan sisanya keluarga dekat.

Tentu saja ketika sepasang pengantin menyelenggarakan sebuah pesta destination wedding maka hampir semua tamunya harus terbang ke tempat pesta. Pertanyaan berikutnya adalah siapa yang membiayai?

Untuk siapa yang membayar tentunya terserah pada pengantin itu sendiri. Calon pengantin dapat mengundang para tamu dan tidak menyediakan apa-apa, atau bisa juga pengantin menyediakan tiket pesawat beserta dengan akomodasi dan juga makan selama di tempat pernikahan.

Tentu saja tidak semua pengantin dapat membiayai semua kebutuhan para tamu yang akan datang ke pesta pernikahan mereka, namun jalan tengah yang umumnya dilakukan adalah menyediakan akomodasi dan makan bagi para tamu dimana para tamu diminta untuk membeli tiket pesawat sendiri.

Photo : Gusde Photography

Destination Wedding Tips

  • Anda akan mendapatkan pengalaman sebuah pesta pernikahan yang intim, indah, dan juga tak terlupakan
  • Pertama-tama pilih tempat pernikahan Anda, vendor lainnya akan menyusul jika Anda sudah tahu tempat pernikahannya
  • Jangan lupa untuk berkunjung ke tempat yang dituju paling tidak sekali saja
  • Jumlah tamu dan siapa-siapa saja yang diundang akan menjadi tantangan tersendiri. Jangan lupa untuk RSVP!
  • Pesta ini bukan saja menjadi pesta pernikahan Anda, sekaligus menjadi momen liburan!
  • Sekali lagi, akan banyak tantangan bagi Anda untuk mempersiapkan sebuah pesta pernikahan jauh dari tempat Anda berada. Namun, jika direncanakan dengan matang, maka Anda dan tamu Anda bukan saja akan mendapatkan sebuah pesta yang unik, tapi juga momen yang tak terlupakan

All Photos : Doc. Varawedding

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP