Ferry Sunarto Kembali Memukau Warga Moskow di Festival Indonesia

Setelah dua tahun berturut-turut, sejak tahun 2016, mengikuti Festival Indonesia di Moskow, kini pada 5 Agustus 2018, menjadi tahun ketiga bagi Ferry Sunarto untuk kembali menampilkan karyanya di depan masyarakat Moskow. Bertempat di Taman Krasnaya Presnya, Moskow, Ferry Sunarto sukses menghadirkan karya terbarunya dalam lini Fersoen by Ferry Sunarto. Koleksi busana ready to wear spring summer 2019, yang mengaplikasikan kain batik dari Batik Keris Indonesia, menghadirkan tampilan yang modern dan sophisticated Eropa, tanpa meninggalkan budaya dan kearifan lokal Indonesia.

Hujan mengguyur Taman Krasnaya Presnya, Moskow sesaat sebelum fashion show berlangsung. Namun, warga Moskow tetap setia berdiri menanti acara dimulai. Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M.Wahid Supriyadi pun asik berbincang dengan para tamu yang hadir, salah satunya Atalia Praratya, istri Gubernur terpilih Jawa Barat Ridwan Kamil yang hadir di acara tersebut yang mengaku kagum dengan begitu banyak pelaku UMKM dan desainer asal Bandung yang terlibat dalam Festival Indonesia tahun ini. Atalia berharap Pemkot Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa ikut terlibat dalam acara ini tahun depan.

Titik hujan yang tak lagi turun menandai dimulainya fashion show. Satu per satu model Rusia dalam balutan 24 koleksi busana wanita dan 8 busana pria berjalan mengitari taman bundar yang disulap menjadi catwalk. Melalui karyanya yang diberi nama `dedikasi` Ferry merepresentasikan eksotisme Indonesia, kehangatan orang-orangnya dan kekayaan budayanya kepada dunia Internasional. Perpaduan batik yang khas Indonesia dengan potongan yang modern dan warna-warna pastel berhasil membuat warga Moskow berdecak kagum dan sibuk mengabadikan setiap detail dalam setiap helai karya indah Ferry Sunarto.

Keterlibatan desainer asal Bandung, Jawa Barat ini untuk kali ketiga di Festival Indonesia yang berlangsung pada 2-5 Agustus 2018 di Moskow, tak lagi hanya memperlihatkan kemahirannya sebagai desainer kebaya ternama Indonesi. Di acara yang bertema ‘Visit Wonderful Indonesia Explorer Our Region’ ini Ferry juga mengajak puluhan desainer muda berbakat yang tergabung dalam UMKM untuk berpartisipasi setelah melalui proses akurasi ketat yang dipimpinnya langsung.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M.Wahid Supriyadi telah secara resmi menunjuk Ferry Sunarto untuk menjadi koordinator peserta pameran UMKM dan desainer dari Indonesia. Sebuah kepercayaan yang dijaga dengan baik oleh Ferry, dan terbukti seluruh baju yang ditampilkan oleh para desainer muda tersebut, yang ditampilkan dalam fashion show tanggal 4 Agustus 2018, habis terjual. Tangan dingin Ferry sebagai desainer yang memiliki passion khusus dalam memperkenalkan keunikan dan keindahan batik dan kain Indonesia lainnya. Hal inilah yang ia tularkan kepada para desainer muda berbakat yang dibawanya ke Festival Indonesia tersebut.

“Masyarakat Rusia sangat mudah mengingat dan cukup konsumtif membeli produk fashion. Tidak terlalu lama bagi mereka jika sudah jatuh hati dengan satu produk, mereka akan langsung membeli,” papar Ferry. “Dengan selera masyarakat yang seperti itu, tidak sulit bagi pelaku industri Indonesia untuk menembus pasar Rusia,” sambungnya.

Menurut desainer yang pernah menampilkan karyanya di Istana Buckerburg, Jerman ini, menembus pasar mancanegara melalui fesyen membutuhkan kreativitas yang harus terus diasah. Dan kreativitas tersebut dapat dipelajari melalui selera pasar secara global, baik dari warna, cutting dan kain yang kerap digunakan, termasuk juga pandai mengolah wastra Indonesia.

Foto: Dok. Ferry Sunarto

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP