Ide Memilih Dresscode Untuk Pesta Di Bali

Wedding of Acharra & Michael | Photo: Axioo

Dresscode atau pemilihan pakaian adalah tema pakaian yang harus dikenakan oleh para tamu yang akan menghadiri sebuah event atau pesta pernikahan. Banyak diantara kita yang menganggap dresscode adalah hal kecil dan seringkali dianggap sepele. Tapi justru jika dresscode sudah ditentukan termasuk warnanya, maka ada maksud tertentu yang diinginkan. Hal ini menjadi penting dan berpengaruh di acara tersebut.

Sebagai tamu, Anda tentunya tidak mau salah kostum atau ‘saltum’dan Anda tidak ingin salah warna ketika yang lainnya mengenakan warna yang senada dan Anda mengenakan warna yang berbeda sendiri. Oleh karena itu dresscode penting untuk diperhatikan dan diikuti jika Anda diundang ke sebuah pesta. Apalagi pesta destination wedding di daerah pantai tropis. Jadi bagaimana menentukan dresscode yang tepat? Simak artikel berikut ini.

Wedding Planner: Varawedding | Photo: Axioo

Sesuai Warna Tema Pesta Anda

Biasanya pengantin merasa tidak enak jika harus mengkhususkan tamu dengan pilihan pakaian yang mereka harus kenakan karena merasa membebani tamu. ‘Sudah datang saja ke pestaku, aku sudah senang rasanya, jadi apa saja yang mereka kenakan ya sudah lah.’ Begitu biasanya pengantin akan berargumen. Buanglah rasa ketidaknyamananmu karena pernikahan kamu lebih penting dan menjadi momen seumur hidup sekali. Jadi jangan sampai hal kecil akan membuat kamu ingat seumur hidup karena kamu tidak melakukannya. Paling mudah adalah menentukan dresscode sesuai dengan tema warna pesta pernikahan Anda.

Wedding of Achara & Michael | Venue: Indigo Seminyak Bali

Pikirkan Kenyamanan Bahan Pakaian

Pengantin Barat dan para tamunya akan mengenakan pakaian serelaks mungkin dengan warna senada, namun biasanya tamu-tamu dari pengantin Indonesia akan mengenakan jas dan gaun lengkap di acara pemberkatan. Tidak ada yang salah memang. Namun, dengan memilih Bali sebagai wedding destination kamu, maka Anda juga perlu memikirkan kenyamanan dresscode para tamu. Apakah tamu-tamu Anda akan nyaman dan menikmati pesta pernikahan Anda di Bali sehingga semuanya menjadi satu kesatuan yang akan meninggalkan kesan yang terbaik bagi Anda dan para tamu. Salah satunya adalah menentukan dresscode yang tepat dan nyaman.

Wedding of Anne & Dominique | Photo: Terralogical Wedding Photography

Sampaikan Lokasi Tempat Menikah? Beach with Sands? Garden with Grass?

Stiletto or flat pump? Tie or open collar? Jacket or no jacket? Tamu dari kota besar yang terbiasa menghadiri pesta pernikahan di ballroom hotel bintang lima dengan gaun elegan dan stiletto heels tentunya akan mempunyai mindset yang sama dengan gaya pakaian ke pesta pernikahan. Dresscode di undangan akan menjadi reminder untuk mereka jika pesta destination wedding Anda akan berada di tepi pantai atau taman tropis bukan di ballroom hotel. Untuk menghindari ketidaknyamanan para tamu yang mungkin akan menjadi gerutu dan omongan kelak, maka dresscode menjadi friendly reminder untuk hal-hal tersebut.

Wedding of Achara & Michael | Wedding Planner: Varawedding

Warna Senada atau Warna Bebas?

Warna senada atau tidak bukan menjadi hal yang penting dalam pemilihan dresscode. Benar, jika para tamu bisa mengenakan warna senada maka dokumentasi pernikahan Anda kelak akan terlihat indah. Namun, ada pula pengantin yang membebaskan warna pakaian yang dikenakan tamu untuk menghasilkan foto yang colorful. Tapi pada intinya, dresscode bukan hanya menyamakan warna tema wedding itu sendiri tapi lebih ke pakaian yang dikenakan sehingga semua yang hadir dapat berbaur menjadi satu kesatuan tema yang Anda impikan. Dan, yang terpenting kebahagiaan terpancar dari Anda dan pasangan beserta para tamu yang hadir.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP