Ini Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

Pernikahan dari Kemal & Inez | Foto: By My Sight

Bagi yang sedang mempersiapkan pesta pernikahannya sekarang pastinya sibuk dengan segala hal yang menyangkut momen indah di hari pernikahan agar berjalan lancar. Namun, jangan sampai lupa untuk mempersiapkan hal yang paling penting mengenai sah dan sakralnya sebuah pernikahan itu sendiri. Dalam hal ini adalah akad nikah dan ijab kabul. Terutama untuk calon pengantin pria, bukan saja Anda perlu mempersiapkan jas, beskap, atau pakaian yang dikenakan di hari bahagia Anda, tapi juga persiapan mental untuk hadir di akad nikah dan mengucapkan ijab kabul dengan baik juga sama pentingnya.

Lalu bagaimana mempersiapkan akad nikah dan lancar membaca ijab kabul? Berikut tips singkat yang bisa menjadi panduan untuk Anda lancar di hari pernikahan.

Pernikahan dari Femalia & Indra | Foto: Journal Portraits

Pahami Makna dan Arti

Ijab kabul adalah ucapan sepakat antara kedua belah pihak dan dalam satu acara penting di pernikahan, ijab akan dibacakan oleh wali pengantin wanita dan kabul dibacakan oleh pengantin prianya. Selanjutnya akan disahkan oleh beberapa orang saksi pernikahan dari pihak pria dan wanita. Sepertinya sederhana dan Anda pasti sudah sering mendengarnya di pernikahan keluarga atau teman Anda, namun banyak yang mengungkapkan bahwa hal ini tidak sesederhana itu.

Sebelum Anda menghafal kalimatnya, Anda perlu memahami kata atau kalimat yang nantinya akan Anda bacakan. Mengerti bukan sekedar kata per kata tapi juga makna yang dalam dari arti janji seumur hidup tersebut. Jika Anda paham dengan niat yang baik untuk menikahi pasangan Anda, maka semua akan lancar nantinya.

Pernikahan dari Lala & Satria | Foto: JimonJP Wedding Photography

Latihan dan Tenangkan Pikiran

Anda bisa berlatih dengan orang-orang terdekat dulu bahkan kalau memang sudah dekat, Anda bisa berlatih dengan calon mertua Anda. Dengan begitu, kesalahan kalimat bisa langsung diperbaiki dengan keluarga pihak pengantin wanita.

Semakin dekat ke hari pernikahan, sudah dipastikan Anda akan mengalami stres. Untuk mengurangi kegugupan, usahakan Anda untuk menenangkan pikiran. Bisa dengan berolahraga atau perbanyak berdoa agar dilancarkan di hari bahagia Anda. Tentu saja dengan selalu melatih dan fokus pada hafalan kata serta kalimat yang harus Anda ucapakan di acara akad nikah nanti. Berlatih dan pikiran yang tenang akan melancarkan ucapan Anda kelak.

Pernikahan dari Winny & Reza | Wedding Planner: Pinkbow.co

Peran Wedding Planner di Acara Akad Nikah

Wedding planner yang membantu Anda melangsungkan akad nikah dan mengucap ijab kabul di hari pernikahan akan memastikan bahwa Anda dan pasangan merasa tenang di hari tersebut. Semua yang harus dipersiapkan seperti dekorasi acara akad nikah, katering, hiburan setelah akad nikah, suvenir dan lain-lain sudah tidak perlu Anda pikirkan lagi. Di hari bahagia tersebut, wedding planner akan memastikan Anda dan pasangan mendapatkan layanan yang terbaik dari mulai sarapan untuk menghadapi hari bahagia, mengenakan kebaya atau jas pernikahan, datang ke tempat akad nikah, selama akan nikah berlangsung, hingga selesainya acara tersebut. Dengan demikian, Anda dan pasangan sebagai pengantin tidak perlu repot untuk memikirkan hal-hal kecil dan dapat fokus pada acara janji pernikahan Anda di hari tersebut.

Pernikahan dari Caca & Prasta | Foto: Teinmiere

Akhirnya Perlu Diketahui Tentang Kemudahan Ijab Kabul

Anda perlu ingat bahwa pembacaan ijab kabul tidak harus dengan sekali tarikan nafas saja bahkan jika salah masih bisa diulang. Anda tidak perlu menghafal satu paragraf tapi satu kalimat. Jadi jangan memberatkan diri Anda untuk mengharuskan membaca dengan satu tarikan nafas dan langsung kecewa jika Anda salah di penyebutan pertama tersebut. Hilangkan semua pikiran negatif. Rileks dan berpikirlah hal-hal yang membahagiakan Anda karena membaca ijab kabul di akad nikah Anda adalah momen yang membahagiakan Anda dan pasangan.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP