Kapan Waktu Favorit Pasangan untuk Menikah?

Foto: Freepik


Pemilihan waktu untuk menikah merupakan hal penting bagi kebanyakan pasangan. Ada yang harus sesuai dengan tanggalan yang dipercaya, ada yang ingin menikah di hari ulang tahun, lalu ada pula yang memilih menikah di musim pernikahan.


Di Indonesia sendiri, banyak pasangan yang memilih tanggal pernikahan di bulan penghujan atau bertepatan dengan datangnya musim penghujan. Tentunya hal ini memiliki bukti karena kebanyakan vendor pernikahan mengamini pernyataan ini.


Rata-rata venue pernikahan ataupun hotel akan penuh di bulan yang berakhiran –ber seperti September, Oktober, November dan Desember, lalu berlanjut hingga awal tahun. Selain beberapa bulan tersebut, ternyata calon pengantin juga banyak yang memilih menikah setelah perayaan Idul Fitri.


Jika Anda ingin menikah setelah lebaran ini, usahakan sudah booking vendor-vendor pernikahan dari jauh-jauh hari, minimal enam hingga satu tahun sebelum hari-H. Kalau tidak, Anda tidak akan mendapatkan kesempatan menikah di akhir tahun karena banyaknya permintaan.


Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan di musim-musim tersebut, Anda disarankan untuk memilih paket pernikahan. Misalnya, Anda sudah menentukan venue pernikahan, tanyakan pada vendor tersebut apakah mereka memiliki paket pernikahan.


Sebagian besar venue ataupun hotel memang sudah memiliki paketnya sendiri untuk acara pernikahan, misalnya mereka sudah bekerja sama dengan vendor katering, dekorasi, music and entertainment, dan lain sebagainya. Anda disarankan untuk menyewa venue atau hotel lengkap dengan paket yang tersedia saja.


Alasannya, di waktu pernikahan yang dipilih itu, pasti sudah banyak yang booking vendor pernikahan lainnya, bisa dipastikan Anda akan akan sulit lagi memilih vendor pernikahan. Dengan mengambil paket pernikahan, persiapan pernikahan Anda akan dipermudah. Tidak banyak memikirkan vendor lainnya, bisa menghemat bujet bahkan juga menghemat waktu yang biasanya banyak terpakai untuk memilih-milih vendor lainnya.


Sebenarnya, waktu menikah yang tepat itu tergantung dari pasangannya. kapan mereka merasa bahwa pernikahan itu lebih berkesan. Biasanya yang memilih setelah lebaran mungkin karena euforia lebarannya masih terasa. Anda juga akan dipermudah untuk mengundang teman dan sanak saudara ketika silaturahmi lebaran.


Bagi Anda yang menikah di akhir-akhir tahun, mungkin juga memiliki alasan sendiri, biasanya banyak acara yang dilakukan dipenghujung tahun dan kesan ramai di akhir tahun akan terasa. Makanya banyak yang memilih melakukan resepsi pernikahan di akhir tahun.


Kalau menurut Anda, kapan waktu favorit untuk menikah?

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP