message

Kesan Pertama Hadir Melalui Kartu Undangan

 

Foto :Peony Design

Dalam sebuah pernikahan, sebelum para tamu hadir di pesta Anda, yang pertama hadir adalah kartu undangan Anda di ruang tamu mereka. Sebelum akhirnya kartu undangan ini dikirimkan kepada para tamu yang Anda harapkan hadir, ada beberapa tahapan yang harus dilewati, salah satunya adalah perdebatan antara Anda, pasangan dan orang tua. Berapa jumlah tamu yang akan diundang, siapa saja teman dan keluarga yang harus diundang, berapa banyak kartu undangan yang harus dicetak, hingga berapa harga undangan yang akan Anda pilih untuk dicetak.

Perdebatan mengenai kartu undangan ini bisa panjang bila tidak segera dicarikan jalan tengahnya. Pasti akan ada pemikiran, “untuk apa membuat undangan mahal-mahal bila pada akhirnya akan dibuang juga.” Memang benar, tidak ada orang yang akan menyimpan kartu undangan pernikahan Anda. Mungkin hanya Anda dan pasangan yang menyimpan sebagai kenangan hari pernikahan. Akan tetapi, harus diingat bahwa kartu undangan adalah perwakilan dari diri Anda dan pasangan. Bila undangan yang Anda buat terkesan seadanya, bisa jadi mereka yang Anda undang pun tidak akan menaruh perhatian hingga akhirnya melewati hari istimewa Anda begitu saja. Oleh karena itu, selain memberikan informasi mengenai hari, tanggal dan tempat menikah, masih ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk memberikan kesan istimewa pada kartu undangan hari istimewa Anda ini.

1. Desain

Foto : Kudalaut Wedding Invitation

Ada begitu banyak desain undangan yang bisa Anda pilih, apakah itu desain dari template undangan yang ditawarkan oleh vendor-vendor undangan pernikahan terpercaya atau Anda dapat meminta jasa grafis desainer untuk mendesain undangan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Kenapa desain undangan penting diperhatikan? Karena Anda mengharapkan orang yang Anda undang berkenan hadir pada pernikahan Anda. Desain undangan yang cantik dan mampu mewakili diri Anda berdua akan lebih memikat dan menggerakkan para tamu untuk datang dan berbagi kebahagiaan dengan Anda dan pasangan.

2. Pemilihan kata dan huruf

Foto : CC Cards

Di negara barat, pemilihan kata dan huruf (font) menjadi bagian penting karena ada beberapa etika yang perlu diikuti. Aturan-aturan seperti: siapa yang mengundang? Apakah dari pihak pria atau wanita? Apakah orang tua dari pasangan telah berpisah? Dan, masih banyak aturan yang perlu diikuti. Di Indonesia, aturan-aturan tersebut tidak sekaku aturan di barat, namun Anda dan pasangan perlu mengerti dan berdiskusi mengenai aturan-aturan dasar pemilihan dan penempatan kata di undangan pernikahan Anda.

3. Kartu tambahan

Foto : MapleCard

Sekarang ini undangan pernikahan bukan hanya komunikasi untuk Anda mengundang tamu yang terundang. Tapi juga perlu dipikirkan apakah Anda memerlukan untuk mencetak kartu RSVP jika Anda menggelar sitting dinner, apakah Anda perlu mencetak kartu ‘pengambilan suvenir pernikahan’ sehingga tamu Anda dapat menikmati pesta pernikahan Anda tanpa kerepotan memegang suvenir, atau ada kartu-kartu lain yang perlu Anda cetak. Semuanya perlu dipikirkan agar Anda pun dapat memikirkan bujet-nya.

4. Pengejaan nama tamu

Foto : Prima Card

Pertama ; Ejaan nama tamu yang benar adalah bentuk hormat kita pada tamu yang kita undang. Kedua ; Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada menerima undangan dengan nama yang salah tereja. Ketiga ; selalu luangkan waktu untuk mencari tahu ejaan nama yang benar.

5. Alamat yang benar

Foto : Dok. Icreation

Setelah nama undangan yang tereja dengan benar, tentu saja hal berikutnya adalah alamat undangan yang tertera dengan benar juga jika Anda mengirimkan undangan pernikahan Anda lewat kurir. Ini sangat penting, karena bila Anda salah menuliskan alamat, selain kartu undangan Anda akan terbuang percuma, tamu yang Anda harapkan pun tidak bisa hadir karena tidak menerima kartu undangan Anda. Jadi, kalau memang harus, hubungi satu persatu orang-orang yang akan Anda kirimkan kartu undangan , untuk mendapatkan alamat yang benar.

Walaupun akhirnya mungkin akan terbuang, namun jangan remehkan undangan pesta pernikahan Anda. Undangan pernikahan bukan saja menjadi kesan pertama dari yang mengundang tapi juga rasa hormat Anda berdua untuk meminta kesediaan yang terundang untuk hadir dan berbagi kebahagiaan di hari istimewa Anda.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP