6 Thoughtful Rules For Long Distance Marriage

Tidak ada pasangan yang ingin terpisah jauh setelah menikah. Namun jika karena suatu hal Anda harus menjalani long distance marriage, berikut adalah beberapa saran yang Weddingku harap dapat membantu Anda untuk bertahan dalam kesulitan pernikahan jarak jauh.

1. Throw Out Your Expectation
Tinggal di bawah satu atap, makan malam bersama setiap hari, meluangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk berlibur bersama keluarga adalah idealnya sebuah pernikahan. Namun dalam long distance marriage, Anda harus membuang jauh-jauh semua idealisme tersebut. Pikirkan bersama-sama poin-poin terpenting apa dalam pernikahan yang harus dijaga (komunikasi dan kepercayaan) dan gunakan cara-cara kreatif dan teknologi untuk tetap mempertahankan nilai-nilai tersebut.

2. Create a Strong Communication
Hubungan pasangan yang tinggal jauh terpisah sangat mungkin dapat menjadi semakin renggang. Cara yang paling ampuh untuk mencegah hal itu terjadi adalah dengan memperkuat komunikasi Anda dan pasangan. Anda bisa menentukan untuk berkomunikasi dengan pasangan minimal dua kali dalam sehari atau bahkan lebih (tergantung kesepakatan dan kenyamanan Anda berdua). Gunakan skype atau layanan video chat lainnya sehingga paling tidak Anda dapat melihat wajah dan ekspresinya sehingga dapat berbicara dengan lebih leluasa. Ceritakan apa yang Anda alami dan rasakan secara detail setiap harinya, ceritakan teman-teman atau keluarga yang Anda temui akhir-akhir ini, dan ekspresikan perasaan dan rasa cinta Anda kepada pasangan Anda karena hanya pada saat berkomunikasi itulah Anda mendapatkan momen yang paling intim bersamanya. Tentunya jangan lupa untuk menjadi fleksibel! Jika pasangan sedang sibuk dan tidak sempat untuk melakukan face time, maka saling berkirim pesan singkat pun tidak masalah atau mengganti waktu face time di lain hari dengan durasi yang lebih lama. Ingat ya, jangan biarkan texting menjadi sebuah kebiasaan dan akhirnya komunikasi Anda berdua hanya sebatas lewat pesan singkat.

3. Set Rules
Karena Anda tidak bisa ‘menjaga’ pasangan Anda atau melihat kondisinya secara langsung, selain kepercayaan, diperlukan juga peraturan-peraturan dasar yang disepakati bersama untuk membuat masing-masing merasa tenang dan nyaman dalam menjalani hubungan pernikahan jarak jauh ini. Contohnya seperti tidak boleh pergi bersama teman lawan jenis jika hanya berdua saja, atau harus selalu memakai cincin kawin ketika beraktivitas, atau selalu menginformasikan keberadaan masing-masing setiap saat, dan lain-lain.

4. Make a Little Thing to Be More Special
Saat Anda tinggal jauh terpisah dari pasangan, ada saatnya Anda akan merasa kesepian dan tidak merasa seperti sudah menikah. Membuat kejutan-kejutan kecil atau mengirimkan sesuatu yang spesial untuk pasangan dapat menjadi salah satu cara agar ia dapat tetap merasa mempunyai sesosok istri yang mendukungnya dalam menjalani hubungan pernikahan jarak jauh tersebut. Anda bisa mengirimkan e-card berisikan kata-kata yang romantis, atau mengirim gambar bunga lewat pesan bergambar atau video berisi photo slide yang diiringi latar belakang musik kesukaan Anda berdua serta berbagai macam cara kreatif lainnya melalui teknologi yang sudah canggih sekarang ini. Hal-hal kecil seperti itu juga dapat menjaga keromantisan Anda dan pasangan. Tentu saja jangan lupa membuat sesuatu yang besar untuk hal-hal yang besar juga seperti hari ulang tahun pasangan dan hari anniversary Anda berdua.

5. Be Faithful
Karena pasangan tidak berada di dekat Anda, maka Anda wajib lebih menjaga kesetiaan. Hindari kondisi-kondisi yang dapat memancing Anda mengkhianati si dia. Jangan biarkan hubungan pertemanan Anda dengan lawan jenis di sekitar lingkungan Anda berubah menjadi perselingkuhan! Awalnya mungkin hanya iseng, saling menggoda tanpa melakukan sentuhan. Ingat ya, hal besar selalu dimulai dari hal kecil, termasuk perselingkuhan. Anda tentu tidak ingin membuat orang yang Anda cintai terluka dan membahayakan perkawinan Anda berdua. Tentu saja godaan akan semakin besar jika pasangan tidak tinggal bersama dengan Anda, tapi Anda bisa menghindari godaan tersebut, memperjuangkan pernikahan Anda dan berkomitmen untuk tetap hidup berdasarkan janji nikah yang telah Anda buat bersama, di hadapan Tuhan. Ingat, bahwa hubungan pernikahan jarak jauh tidak akan bertahan jika tidak ada komitmen untuk saling setia.

6. Face Jealousy Head On
Ingat juga bahwa dalam hubungan pernikahan pasti akan diwarnai dengan rasa cemburu, apalagi dalam hubungan pernikahan jarak jauh. Kuncinya adalah bersikap jujur tentang segala sesuatu kepada satu sama lain. Itu akan memudahkan Anda dan pasangan untuk melawan rasa cemburu tersebut. Jadi jika Anda mendapat ajakan makan malam di luar dari teman kerja laki-laki Anda, segera beritahukan kepada suami Anda tentang hal tersebut. Ceritakan siapa teman kerja laki-laki Anda ini, apa yang akan kalian lakukan dan siapa saja yang ikut dalam acara tersebut. Jika Anda akan pergi semobil dan hanya berdua saja dengan teman kerja laki-laki, katakan juga kepada suami Anda. Jika suami Anda tidak setuju, diskusikanlah terlebih dahulu dan Anda tetap harus bersedia untuk membatalkan acara tersebut jika pasangan tetap tidak setuju. Yang ia inginkan adalah hal yang harus Anda utamakan.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP