Menari Bersama di Indonesia Menari 2016

Hari Minggu, 20 November 2016, lalu Indonesia Menari 2016 sukses meramaikan Grand Indonesia. Kompetisi menari yang digelar untuk kelima kalinya diikuti sekitar 1.500 orang dari usia belia, remaja hingga dewasa. Dalam kompetisi yang diselenggarakan Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation ini, turut mengajak penari dari komunitas, sanggar, sekolah, universitas bahkan individu. Tetapi tidak hanya yang sudah memiliki basic menari, peserta yang berpartisipasi dalam Indonesia menari pun diikuti dari berbagai kalangan profesi.

Dilakukan serentak di 8 titik indoor Grand Indonesia meliputi East Mall dan West Mall, peserta menunjukkan kemampuan menari dengan koreografi oleh Takako Leen (principal dancer Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company). Berdurasi 4 menit, tari yang tercipta atas kombinasi tari daerah dengan tari modern tersebut diiringi dengan musik aransemen Pongky Prasetyo. Menyatukan musik dari 6 daerah, Sumatera Utara (Siksik Sibatumanikan), Kalimantan Selatan (Paris Berantai), Papua (Sajojo), Betawi (Jail-Jali), Bali (Janger), dan Sulawesi Selatan (Poco-Poco), membuat koreografi tampak kaya dari sisi tradisional maupun modern.

Di hari yang sama, terpilih pemenang baik dari kategori individu maupun kelompok yang dinilai juri berdasarkan keluwesan dan kekompakkan setiap peserta. Dan juri yang menilai adalah Renitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation), Takako Leen (Koreografer Indonesia Menari 2016), Dinia Widodo (Public Relations Manager Grand Indonesia), dan Yovie Widianto (juri tamu).

Menjelang sore diumumkan siapa saja para pemenangnya. Untuk kategori kelompok dimenangkan oleh Juara 1 Sanggar Andika (mendapatkan Rp 25.000.000 dalam bentuk subsidi), Juara 2 Sanggar Novy (mendapatkan Rp 20.000.000 dalam bentuk subsidi), Juara 3 Santika Gayatri (mendapatkan Rp 15.000.000 dalam bentuk subsidi), Kostum Terbaik dimenangkan oleh Sanggar Baim (mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi), dan Kelompok Favorit diperoleh Nusantari Indonesia (mendapatkan Rp 10.000.000 dalam bentuk subsidi). Sedangkan kategori individu dimenangkan oleh Ikha, Abdul R Qolbi, Aqilah, Raesha, dan Ogi yang masing-masing berhak atas hadiah kamera Fujifilm XA2.

Foto: Dok. Bakti Budaya Djarum Foundation

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP