Menentukan Gaya Rambut Dipengaruhi Busana Pengantin (Part I)

Untuk mendapatkan penampilan sempurna perlu adanya paduan tepat antara makeup, busana pengantin serta tata rambut. Karena kalau salah satu melenceng tidak pada pasangannya akan merusak keseluruhan penampilan. Sudah lama menekuni dunia tata rambut, Doni hairstylist sekaligus manager dari Arrusa Wedding, memberikan penjelasan mendetail mengenai serba serbi hairdo pada Weddingku.

Bentuk potongan leher dan hairdo saling terkait
Dari model kerah gaun atau kebaya yang dipakai, hairstylist yang sudah mahir dapat langsung tahu rambut sang calon pengantin akan ditata seperti apa. Terutama kebaya yang umumnya full payet dan beads, hairstylist tidak mau mengambil risiko untuk menjuntaikan sanggul hingga melewati leher apabila kebaya yang dipakai berkerah shanghai. Karena akan merusak rambut yang sudah ditata akibat tersangkut payet.

Terbukti menentukan hairdo juga bergantung pada bentuk leher gaun atau kebaya. Sehingga bukan hanya bentuk gaun saja yang menjadi pertimbangan. Doni juga mengulas bentuk hairdo yang cocok untuk setiap bentuk leher gaun atau kebaya.

Bentuk `V` Neck dan Shanghai
Kedua bentuk potongan leher ini paling baik dipasangkan dengan up hairdo. Maksudnya rambut yang digulung ke atas tanpa membiarkan rambut teruntai agar rambut yang sudah tertata tidak rusak tersangkut. Up hairdo pun memiliki banyak jenis modifikasi yang dapat dicari referensinya di berbagai media sosial atau internet. Styling-nya pun bervariasi dapat di wavy, messy chic, atau diklimis bagi yang memiliki struktur wajah tirus.

Sabrina dan Off Shoulder
Memamerkan bahu, bentuk potongan leher sabrina dan off shoulder justru sebaliknya lebih cocok untuk gaya rambut menjuntai ke bawah. Hair down style yang dapat dipilih yaitu menggerai seluruh rambut dengan men-styling bergelombang atau keriting. Pilihan lain half up half down hairstyle, mengikat sebagian rambut bagian atas dan membiarkan bagian bawah terurai yang dapat diperindah dengan memberi volume ikal di ujungnya.

Low Cut
Meskipun gaun berpotongan low cut jarang dipakai mengingat di Indonesia masih terikat sopan santun, namun menurut prediksi siluet dengan belahan rendah akan mulai merebak tahun ini. Untuk tipe gaya rambut yang cocok dipadankan dengan gaun atau kebaya low cut lebih mudah dan bebas dieksplore. Sebagai bahan pertimbangan, busana low cut yang sensual sengaja ditunjukkan sehingga agar tidak teralihkan rambut dibuat sesimpel mungkin seperti digulung ke atas tanpa aksesori berlebihan.

Menentukan Gaya Rambut Dipengaruhi Busana Pengantin (Part II)

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP