message

Penting! Persiapan Fisik Jelang Pernikahan

 

Foto: Freepik


Kebanyakan pasangan yang ingin menikah selalu lebih fokus pada persiapan katering, venue, dekorasi dan segala hal yang menyangkut vendor pernikahan hingga lelah pun melanda. Padahal jika sudah lelah bahkan hingga sampai stres, semua persiapan tersebut akan sia-sia. Anda tidak akan bisa tampil fit di hari-H.


Agar bisa tampil secara sempurna di hari istimewa Anda, jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan bukan hanya untuk sehari saat hari pernikahan saja tapi juga untuk persiapan memiliki anak (jika ingin langsung). Semua hal ini membutuhkan fisik dan mental yang sehat.


Rutin berolahraga
Tidak perlu berolahraga yang berat-berat, jangan pula olahraga dijadikan beban untuk meluangkan banyak waktu. Anda hanya perlu aktif minimal 2,5 jam dalam seminggu dengan berjalan kaki atau jogging saat ingin berangkat ke kantor. Kegiatan ini akan meningkatkan pernapasan dan jantung Anda serta memperkuat otot-otot tubuh.


Pilih makanan bergizi
Ingin badan membaik, pilihlah makanan yang baik pula dengan mengurangi makanan-makanan cepat saji. Perbanyak pula memakan buah dan sayur agar kesehatan kulit tetap terjaga. Batasi makanan dan minuman tinggi kalori, gula, garam, lemak dan alkohol dan bisa menggantinya dengan camilan sehat. Jika Anda melakukan hal ini, bukan hanya sehat yang Anda dapatkan tapi juga bisa menurunkan berat badan.


Foto: In Harmony Clinic/Instagram


Sebelum mengira-ngira makanan apa yang cocok untuk Anda konsumsi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya karena kadar gizi setiap orang berbeda-beda. Jadi makanan yang Anda makan, takaran gizinya bisa sesuai dengan kebutuhan badan Anda.


Bebas asap rokok
Jika ingin memiliki tubuh dan pikiran yang sehat, maka berhentilah merokok. Mungkin Anda sudah mengetahui dampak dari asap rokok tersebut bagi kesehatan tubuh. Karenanya, perlu untuk behenti merokok jika Anda perokok aktif dan menghindari lingkungan yang banyak terpapar asap rokok jika Anda perokok pasif.


Melakukan perawatan kecantikan
Manfaatkan waktu luang di sela-sela waktu sibuk untuk sekadar pergi ke salon demi merawat badan dan wajah Anda. Mengurus pernikahan pastilah akan membuat badan dan pikiran lelah dan membutuhkan perawatan agar terlihat segar kembali.


Foto: Kusuma Beauty Clinic/Instagram


Disarankan untuk melakukan perawatan mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala seperti spa, manicure, pedicure serta perawatan wajah dan rambut yakni creambath dan facial. Lakukanlah secara berkala dengan waktu paling lambat adalah 2 minggu sebelum hari pernikahan (untuk facial) dan 2 hari sebelum hari-H untuk perawatan tubuh.


Cek kesehatan
Jika ingin melakukan pengecekan kesehatan sebelum menikah, pergilah ke klinik kesehatan lebih kurang enam bulan jelang pernikahan. Apalagi jika Anda ingin melakukan program kehamilan langsung setelah menikah. Melakukan pengecekan ini bisa mencegah penyakit keturunan dan penyakit menular agar bisa diatasi lebih dini.


Foto: Prodia Laboratorium/Instagram


Tidur yang cukup
Waktu tidur ideal adalah 7-9 jam perhari saat malam hari. Dengan tidur yang cukup, maka aktivitas keseharian akan lebih berkualitas. Jika rasa kantuk selalu mengganggu waktu kerja, berarti kualitas tidur belum cukup dan Anda perlu manajemen waktu yang lebih baik lagi.


Mencegah cidera
Pastikan pakaian dan sepatu/sandal Anda nyaman ketika dikenakan. Hal ini demi menghindari terjadinya cidera jelang pernikahan. Mungkin saja pakaian Anda teralu ketat dan sering membuat sesak nafas, maka hindarilah pakaian tersebut. Jika Anda sering mengenakan sepatu hak tinggi yang membuat kaki sering pegal, maka kurangilah pemakaiannya.

Profile Vendor, Tips dan Trik

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP