Penting Untuk Diketahui Sebelum Test Makeup

Salah satu hal yang paling penting bagi calon pengantin wanita dalam mempersiapkan pernikahan adalah make-up. Setelah segala urusan besar seperti venue, dekorasi, dan katering selesai, maka bagaimana tampil cantik maksimal dalam hari istimewa menjadi perhatian penting setiap calon pengantin wanita.

Tak mudah menemukan make-up artist yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Diperlukan kesabaran hingga akhirnya menemukan make-up artist yang benar-benar mengerti dan mampu mewujudkan impian calon pengantin di hari istimewanya. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan test make-up. Walaupun make-up artist yang Anda pilih sudah memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi, namun dengan melakukan uji make-up, Anda bisa mendapatkan bayangan seperti apa tampilan Anda kelak, si make-up artist pun dapat mengenal karakter wajah Anda dengan lebih baik. Selain itu, ia juga dapat memberikan masukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Nah, untuk melakukan tes make-up ini ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, yaitu :

1. Waktu yang Tepat

Test make-up sebaiknya dilakukan minimal 1 bulan sebelum hari-H. Pada saat ini biasanya gaun pengantin sudah dipilih begitu juga dengan aksesori yang akan dikenakan. Ini akan memudahkan make-up artist dalam menyatukan semua unsur hingga tercipta keharmonisan dalam tampilan calon pengantin. Test make-up pada umumnya memerlukan biaya ekstra di luar dari biaya make-up pengantin yang sudah disepakati. Oleh karena itu, ada baiknya melakukan hal ini bertepatan dengan rencana menghadiri suatu acara atau pesta. Ini juga sekaligus bisa menjadi ajang tes ketahanan riasan sekaligus meminta pendapat dari teman atau keluarga yang melihat tampilan Anda saat itu. Persiapkan waktu yang cukup untuk melakukan test make-up. Bila waktu yang Anda sediakan sempit dan si make-up artist harus cepat-cepat mengerjakannya, dikhawatirkan ia belum cukup mengenal wajah Anda untuk memberikan hasil yang maksimal pada hari-H.

2. Yang Perlu dibawa

Untuk mempermudah dan memperjelas keinginan, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal seperti: foto gaun atau kebaya pengantin, kumpulan foto referensi riasan dan gaya rambut yang Anda inginkan, aksesoris yang akan dikenakan bila ada, dan tentunya kamera atau ponsel untuk mengabadikan hasil make-up. Untuk pengantin adat, biasanya sudah ada pakem tertentu untuk tampilan riasan dengan sedikit penyesuaian bila memang akan tampil dalam bentuk riasan modifikasi. Jangan lupa ajak sahabat atau kerabat untuk memberikan opini mengenai hasil make-up hari itu.

3. Datang dengan Wajah dan Rambut Bersih

Untuk mempermudah proses make-up, sebaiknya Anda datang dengan wajah bersih tanpa make-up atau riasan tipis. Uji make-up juga biasanya bersamaan dengan uji penataan rambut, jadi sebaiknya rambut dalam kondisi bersih dan dicuci sehari sebelumnya. Sebaiknya hindari keinginan mencatok rambut sebelumnya untuk mempermudah penataan pada saat uji make-up.

4. Utarakan Keinginan dan Pendapat Anda

Jalin komunikasi yang baik dengan make-up artist agar ia dapat mengerti keinginan Anda. Berikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pernikahan Anda, termasuk: tema pernikahan, warna tema pernikahan, gaun pengantin yang akan dikenakan, serta referensi riasan yang Anda suka. Informasikan juga bila kulit wajah Anda termasuk yang sensitif atau alergi akan produk atau bahan dasar riasan tertentu. Bila ada, bawa kosmetik dari dokter kulit Anda agar bisa dipakai dalam proses merias. Jangan ragu untuk menyatakan pendapat Anda, terutama bila Anda merasa ada yang kurang pas dengan tampilan akhir riasan. Bila ada waktu untuk mengubah, sebaiknya dilakukan saat itu juga hingga tercapai hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah mendapatkan hasil uji make-up yang sesuai dengan keinginan, menjalani sisa hari menuju hari-H akan terasa yang lebih tenang dan nyaman.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP