message

Pentingnya Menjalin Hubungan Baik dengan Calon Mertua

 

Terkadang memang sulit menjalin hubungan baik dengan calon mertua. Terlebih kalau calon mertua Anda termasuk yang cukup ‘rewel’. Akan tetapi sesulit apapun itu, sangatlah penting bagi Anda untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Mengapa? Karena mereka lah yang membesarkan orang yang hendak Anda nikahi beberapa saat lagi. Bila mereka salah dalam mendidik anak, bisa jadi Anda tidak akan pernah kenal apalagi sampai menikah dengan pasangan Anda tersebut.

Ingat, setelah menikah nanti, calon mertua bukan lagi menjadi ‘calon’ tapi juga akan menjadi orang tua Anda berdua dan bagian dari hidup pernikahan Anda. Jadi, sejak awal, tunjukkan niat, tingkah laku, dan pola pikir yang baik bahwa satu saat nanti mereka akan menjadi bagian dari hidup Anda kelak jika Anda menikah dengan anaknya.

Kenapa hubungan yang baik itu penting? Karena tanpa restu dari kedua belah pihak orang tua, jalinan cinta Anda tidak akan bisa berjalan lancar seperti sekarang ini.

Anda boleh menjadi diri Anda sendiri tapi di depan orang yang lebih tua apalagi itu adalah orang tua dari calon isteri atau suami Anda, sikap hormat harus tetap Anda tunjukkan. Bahkan di negara Barat yang bebas sekali pun, kesan pertama saat bertemu dengan calon mertua akan menentukan jalan dari hubungan cinta Anda.

  1. Selalu senyum dan menyapa lebih dulu

Lebih dulu menyapa tanpa menungu disapa menunjukkan sikap hormat Anda kepada orang tua. Senyum yang tulus menunjukkan Anda senang berjumpa dengan orang tua pasangan Anda. Kuncinya adalah ketulusan hati Anda. Senyum yang tidak tulus akan terlihat dengan jelas oleh mereka.

  1. Bicara, jangan hanya diam

Anda mungkin tipe pendiam. Sementara calon mertua Anda juga pendiam. Lalu bagaimana? Berusahalah untuk membuka pembicaraan dengan obrolan ringan, jangan hanya diam-diaman di hadapan calon mertua. Kalau Anda sudah sangat serius mulailah dengan memberi salam dari orang tua Anda untuk calon mertua Anda. Selalu kreatif untuk membuka pembicaraan.

  1. Cairkan Suasana Bersama Pasangan

Tentu saja, pasangan Anda sebagai anak, adalah pihak yang paling mengerti tentang orangtuanya. Jadi untuk pertama-tama mintalah pasangan untuk ada bersama dengan Anda untuk mencairkan suasana. Setelah itu, kalau Anda seorang calon pengantin pria, be brave, hadapi calon mertua Anda sendiri. Dan, jika Anda seorang calon pengantin wanita, tunjukkan kasih Anda yang tulus kepada orang tua.

  1. Cari tahu apa kesukaannya

Orang tua biasanya suka ngobrol tentang hobinya. Jika calon ayah mertua Anda suka memancing, cari tahu hal-hal tentang memancing biar nyambung. Jika calon ibu mertua Anda suka masak, cobalah cari tahu tentang bagaimana satu masakan disiapkan. Akhirnya semuanya akan cair dengan sendirinya. Nantinya ajak calon ayah mertua Anda memancing atau calon ibu mertua Anda ke pasar basah. Tapi awalnya, cari tahu dulu kesukaan mereka apa dengan bertanya langsung atau lewat pasangan Anda.

  1. Cari Tahu Tentang Masa Kecil Pacar Anda

Setelah masa-masa awal terlewati, cari tahu tentang masa kecil pacar Anda. Biasanya orang tua senang menceritakan masa kecil anaknya, membuat ia mengenang masa-masa yang menyenangkan. Pertanyaan Anda bisa menjadi penilaian bahwa Anda serius dengan anak mereka untuk tahu lebih lanjut tentang masa kecil pasangan Anda. Tahu tentang masa kecil pasangan Anda dari orang tuanya sendiri akan menjadi momen yang membuat Anda tambah cinta dengan pasangan Anda.

Foto : dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP