message

Pertimbangkan 5 Hal Ini Dalam Menentukan Tanggal Pernikahan

 

Memilih tanggal pernikahan biasanya ditentukan dari bermacam faktor. Mulai dari hal yang sangat biasa seperti tanggal di bulan-bulan baik untuk menikah sampai menentukannya dengan menghitung faktor tanggal kelahiran kedua mempelai. Memang sih tanggal hanya berupa angka yang menentukan hari, namun tentu saja, tanggal pernikahan menjadi sangat istimewa bagi kedua mempelai dan keluarga inti mereka. Jadi untuk memilih tanggal tidak bisa sembarangan karena banyak yang perlu diperhitungkan. Salah satunya? Apakah venue tempat resepsi yang Anda cita-citakan untuk menikah tersedia di tanggal yang Anda inginkan? Tentunya hal tersebut bisa menjadi faktor untuk menentukan tanggal pernikahan Anda berdua.

Faktor Cuaca

Ini adalah cara menentukan tanggal yang paling biasa. Jangan menikah di musim hujan apalagi Anda ingin menyelenggarakan outdoor party. Alasan seperti ‘tidak usah khawatir, sekarang lagi global warming, jadi belum tentu tanggal yang kamu pilih akan hujan’ atau ‘nanti gunakan pawang hujan saja!’. Yang namanya musim hujan ya pasti akan hujan, tapi musim hujan biasanya menjadi musim pernikahan yang paling laris. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah berusaha untuk menghindari pesta dengan konsep outdoor kalau tidak mau pesta Anda tidak nyaman karena kehujanan.

Tanggal Muda Lebih Dipilih

Konon menikah di tanggal muda lebih banyak dipilih karena bisa dapat amplop uang lebih banyak dari pada menikah di tanggal tua. Benarkah demikian? Mungkin. Karena di tanggal muda di saat orang-orang baru saja gajian, tamu-tamu Anda dapat lebih leluasa memberi amplop uang dengan nominal lebih besar dibanding di tanggal sebelum gajian. Terkadang jika mendapat undangan pesta pernikahan di tanggal tua, para tamu akan sedikit mengernyitkan dahi sambil memikirkan berapa uang di dalam amplop yang akan mereka berikan.

Tanggal Cantik Jadi Rebutan

Tentu saja tanggal cantik yang akan jadi rebutan karena simbolisme yang ditawarkannya. Siapa yang tidak ingin menikah di tanggal 201020 atau 20 Oktober tahun 2020 atau 021021 yang menjadi tanggal 2 bulan Oktober di tahun 2021. Jika memang Anda begitu menginginkan tanggal signifikan ini, maka Anda harus cepat untuk mencari tempat dan memesannya jauh-jauh hari. Menikah di tanggal cantik bukan tanpa tantangan tersendiri. Para vendor biasanya memasang tarif lebih tinggi di tanggal yang jadi rebutan banyak calon pengantin. Jadi selain cepat-cepat untuk mempersiapkan pesta di tanggal cantik ini, Anda dan pasangan juga perlu menyiapkan bujet lebih untuk menikah di tanggal istimewa ini.

Hari Libur Nasional dan Akhir Pekan yang Panjang?

Hari libur nasional atau long weekend bisa jadi hari yang menantang jika Anda memilih tanggal tersebut untuk menikah. Long weekend misalnya, kemungkinan besar tamu-tamu Anda akan berlibur di luar kota dan berhalangan hadir ke resepsi Anda. Dan, jika Anda menginginkan pesta pernikahan yang tidak besar, memilih tanggal di long weekend bisa jadi pilihan. Biasanya long weekend dipilih oleh calon pengantin yang akan menikah di luar kota ala destination wedding. Dengan memilih tanggal tersebut, maka makin banyak kemungkinan keluarga dan teman yang bisa hadir di destinasi pesta pernikahan Anda.

Tanggal Cadangan Perlu Dipikirkan

Tentu saja tanggal cadangan perlu Anda pikirkan untuk menjaga kemungkinan jika tanggal yang Anda inginkan tidak tersedia. Aturannya adalah jika tiga vendor pernikahan yang Anda inginkan tidak bisa digunakan jasanya di tanggal yang Anda ingini, maka Anda pun perlu memikirkan tanggal cadangan untuk mengakomodasi keberadaan mereka.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP