Rambut Panjang dan Sehat di Hari Istimewa

Ini mungkin hal yang sering dialami para calon pengantin, terutama yang memiliki rambut pendek: memanjangkan rambut untuk keperluan penataan rambut di hari-H. Untuk mendapatkan gaya rambut yang diinginkan maka rambut pun harus memiliki panjang rambut yang sesuai. Bagi Anda yang biasa memiliki potongan rambut pendek, ada baiknya berdiskusi dengan penata rambut mengenai gaya rambut yang akan dikenakan pada hari pernikahan. Setelah mengetahui gaya rambut yang diinginkan, Anda akan memiliki bayangan sampai berapa panjang rambut harus tumbuh secara alami.

Bagaimana dengan memanjangkan secara tidak alami, seperti dengan menyambung rambut atau hair extention? Banyak penata rambut yang lebih menganjurkan untuk memanjangkan rambut secara alami karena lebih mudah dalam penataan. Terutama untuk sanggul tradisional yang banyak mengaplikasikan sasak, sambungan rambut akan dengan mudah rusak dalam proses penataan.

Proses tumbuh rambut dari pendek menuju panjang memang tidaklah mudah, terutama dari segi penataan sehari-hari. Seringkali rambut yang ‘tanggung’ membuat tampilan menjadi serba salah dan membuat kita sering tak sabar hingga akhirnya memotong pendek kembali rambut. Untuk mempermudah proses memanjangkan rambut, simak beberapa tips berikut:

Trim Ujung Rambut

Memanjangkan tapi melakukan trim rambut? Trim rambut diperlukan agar ujung rambut sehat dan tidak mudah patah. Namun, untuk memanjangkan rambut sebaiknya tidak sering melakukan trim rambut. Lakukan trim rambut sedikit saja setiap tiga bulan untuk menyehatkan ujung rambut tanpa banyak mengurangi panjang rambut.

Gaya dengan Aksesoris

Fase canggung dari rambut pendek ke panjang memerlukan kesabaran dan kreatifitas. Kenakan bando, jepit rambut, atau aksesori untuk merapikan bentuk rambut selagi tumbuh. Hindarkan mengikat rambut secara rutin karena dapat merusak dan membuat serat rambut rentan patah. Biarkan rambut tergerai, terutama ketika dalam kondisi basah, agar rambut bisa bernafas dan tumbuh lebih leluasa.

Tidak Keramas Setiap Hari

Jaga kesehatan rambut dengan tidak melakukan keramas setiap hari. Rambut memerlukan perlindungan dari minyak alami yang akan membuat helaian rambut kuat dan terjaga kesehatannya. Semakin sering keramas maka semakin sering minyak alami yang hilang dan menyebabkan rambut menjadi kering dan mudah rusak. Keramas 3 kali dalam seminggu dan gunakan air dingin. Air panas akan membuat ujung rambut mudah patah, air dingin akan membuat helaian rambut lebih lembut dan sehat.

Kering Alami

Hindarkan mengeringkan rambut dengan pengering rambut, biarkan kering secara alami. Jika memang harus menata rambut maka gunakan setelan ‘dingin’ pada pengering rambut, ini akan memberikan sedikit dampak pada rambut namun rambut terlihat lebih rapi dibanding mengeringkan alami. Jangan lupa untuk mengaplikasikan serum rambut untuk melindungi rambut dari paparan panas pengering.

Krimbat untuk Kesehatan Rambut

Krimbat memberikan manfaat bagi rambut seperti menstimulasi aliran darah, memberi nutrisi pada kulit kepala dan membersihkan rambut dari minyak dan sisa produk rambut yang menumpuk yang dapat menyumbat folikel dan menghambat pertumbuhan rambut. Lakukan krimbat 2 kali dalam sebulan untuk memberikan nutrisi pada rambut sekaligus rileks dengan pijatan kepala yang menyenangkan.

Makanan Sehat untuk Rambut Sehat

Bantu pertumbuhan rambut lebih sehat dengan pola makan sehat dan menjaga badan terhidrasi. Minum 8 gelas air setiap hari, hindarkan minuman yang membuat kamu dehidrasi seperti kopi dan minuman soda. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti gandum, sayuran hijau gelap, dan kacang kedelai. Konsumsi protein seperti ikan, kacang-kacangan dan sayuran hijau yang akan membantu pertumbuhan rambut. Agar rambut bersinar maka diperlukan lemak baik yang bisa didapatkan dari makanan yang mengandung Omega-3. Dengan mengkonsumsi ikan salmon, minyak zaitun, kacang dan alpukat.

Teks : Leyla Fawzia

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP