Tips Memilih Fotografer Pernikahan

Foto: Dok. Pinterest.com

Pernikahan adalah momen penting yang diharapkan hanya digelar sekali seumur hidup. Apabila terjadi kesalahan dalam mengabadikannya, misalnya hasil foto kurang baik atau lebih buruk lagi, momen penting Anda tidak terekam, tentu saja Anda tak dapat mengulang peristiwa tersebut dengan menggelar ulang pernikahan Anda. Kalau sudah begini, tak ada yang dapat dilakukan selain pasrah, karena penyesalan sudah tak ada gunanya.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal-hal seperti ini, pastikan Anda memilih fotografer dengan baik. Teliti sebelum membeli, dalam hal ini menjadi satu keharusan. Berikut beberap tips sebelum Anda menentukan fotografer yang tepat untuk momen istimewa.

  1. Pelajari Hasil Fotonya

Ini langkah yang paling penting. Lihat dan pelajari baik-baik port folionya. Perhatikan apakah angle-angle foto yang mereka ambil dalam sebuah pernikahan sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Beberapa fotografer menyukai foto yang terang agar momen tertangkap terlihat jelas, beberapa lagi lebih senang dengan gaya foto yang sedikit berkabut, atau sedikit dark, agar momen Anda terlihat lebih istimewa. Tentu kembali kepada Anda dan pasangan, style foto seperti apa yang lebih Anda sukai.

Foto: Dok. Pinterest.com

  1. Rekomendasi

Penting untuk menyimak rekomendasi dari teman atau kerabat yang telah lebih dulu menikah dan menggunakan jasa fotografer tertentu. Perhatikan juga ulasan di website atau media sosial dari mereka yang telah menggunakan jasa sang fotografer, untuk dijadikan bahan pertimbangan.

  1. Cari Kecocokan

Seperti memilih pasangan, memilih fotografer untuk pernikahan juga tergantung kepada feeling atau insting Anda. Meski hasil fotonya bagus dan sesuai dengan selera namun Anda tidak merasa ‘sreg’ dengan pribadi fotografer dan tim-nya, maka akan sulit untuk bekerjasama nantinya. Ingat, mereka akan menempel Anda juga pasangan di hari pernikahan nanti. Kalau Anda tidak merasa nyaman, maka sulit untuk mendapatkan hasil foto terbaik nantinya.

  1. Pilih dan Kenali Fotografer Anda

Dalam sebuah perusahaan, biasanya mereka memiliki beberapa fotografer selain fotografer utama. Pilih fotografer yang hasilnya benar-benar sesuai dengan selera Anda. Bila fotografer tersebut ternyata tidak available pada hari pernikahan Anda, dan ditawarkan fotografer lain, pastikan fotografer kedua tersebut memiliki hasil seperti yang Anda inginkan. Karena setia fotografer memiliki style yang berbeda. Bila Anda kurang ‘sreg’ dengan hasil fotonya, jangan ragu untuk pindah ke vendor foto yang lain. Namun bila sudah sesuai, pastikan fotografer pilihan Anda dapat bekerjasama dengan baik. Beritahu apa saja yang Anda inginkan untuk foto-foto pernikahan, apa saja yang perlu diabadikan, dan pastikan sang fotografer mengerti kebutuhan Anda.

  1. Pahami Paket Yang Ditawarkan

Pahami dengan baik apa yang akan didapat dari paket foto yang dipilih. Beberapa hal perlu diperhatikan seperti, berapa lama fotografer akan bekerja, berapa album yang akan Anda dapatkan, berapa banyak foto studio yang akan Anda dapatkan, apa saja bentuk dokumentasi yang akan Anda terima selain album, misalnya CD berisi file-file foto serta foto kanvas? Setelah semua disepakati, barulah Anda menandatangani kontrak.

Foto: Dok. Pinterest.com

  1. Perhatikan Alat-alat yang Digunakan

Jika Anda mengerti sedikit mengenai fotografi, cobalah bertanya mengenai detail yang bersifat teknis, seperti kamera apa yang digunakan, berapa lampu yang mereka gunaka, dan sebagainya. Namun bila Anda sama sekali awam, cukup amati detail port folio mereka. Apakah fotonyua cukup tajam, warna yang dihasilkan cukup baik, serta apakah pencahayaannya bisa membuat hasil foto terlihat lebih bagus?

  1. Penyerahan Hasil

Terakhir, tanyakan dengan jelas kapan mereka mampu menyerahkan hasil foto. Jangan berharap terlalu tinggi, setiap fotografer pasti memerlukan waktu untuk memproses foto-foto Anda. Jadi cukup tanyakan berapa lama waktu yang realistis yang mereka perlukan hingga Anda dapat melihat foto-foto pernikahan Anda tersebut. Minta mereka untuk memperlihatkan 1-2 foto yang sudah diedit terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda cocok dengan hasilnya, untuk kemudian dilanjutkan ke foto-foto berikutnya. Minta juga mereka memperlihatkan hasil foto secara keseluruhan sebelum menentukan foto mana yang akan dicetak dan dimasukkan ke dalam album. Hal ini untuk member kenyamanan kepada kedua belah pihak. Jangan sampai fotografer sudah selesai bekerja, dan memberikan album pilihan, sementara Anda lebih memilih foto-fofo lain untuk masuk ke dalam album.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP