message

Tips Menjaga Cincin Pernikahan Tetap Berkilau

 

Kehadiran cincin kawin dalam sebuah pernikahan menjadi sesuatu yang wajib mengingat benda kecil cantik ini menjadi perlambang bagi tali kasih dua insan yang tak pernah putus. Oleh karenanya, jarang sekali pasangan menikah yang melepaskan cincin kawin dari jari manis mereka. Ia selalu hadir di setiap saat di setiap tempat.

Akan tetapi, selalu ada saat Anda harus melepas cincin kawin untuk menjaganya tetap cantik dan berkilau. Bukan berarti kasih sayang Anda terhadap pasangan berkurang lho, tindakan ini justru menjaga cincin kawin menjadi rusak atau berubah warna.

Jadi, kapankah sebaiknya cincin kawin dilepas dari jari manis Anda?

  1. Berenang

Seperti kita ketahui bersama, air kolam renang mengandung kaporit yang berfungsi sebagai desinfektan, membunuh bakteri-bakteri pathogen yang tersebar di air kolam. Di dalam air, kaporit terpecah menjadi oksigen dan gas chlorine yang bukan hanya berbau menyegat, tetapi juga dapat merubah warna berlian di cincin Anda. Selain itu, saat kita berada di air jari-jemari kita menyusut karena dingin dan ini bisa saja menyebabkan cincin terlepas dari jari.

  1. Berolahraga

Saat Anda berolahraga, tentu sulit untuk menjaga agar cincin tetap melekat di jari. Terlebih pada beberapa cabang olahraga seperti angkat besi, bowling, bulu tangkis, bola voli ataupun bola basket. Daripada beresiko cincin terlepas dan melayang, lebih baik disimpan sejak awal bukan?

  1. Saat memakai lotion

Beberapa lotion, sunscreen, hairspray hingga parfum berpotensi memudarkan atau mengubah warna berlian. Oleh karena itu, ada baiknya cincin dilepas sejenak untuk menjaganya dari kerusakan.

4. Memasak

Beberapa bumbu masakan dapat membentuk suatu lapisan pada cincin yang sukar dihilangkan. Jadi sebaiknya lepaskan sementara cincin Anda saat sibuk memasak.

5. Mencuci

Saat Anda mencuci pakaian, alat rumah tangga, mobil, atau melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, sebaiknya lepaskan cincin dari jari Anda. Karena berbagai pembersih seperti deterjen dan lainnya, dapat menodai cincin atau memudarkan kilau berlian Anda.

Bila cincin terlihatkotor atau bernoda, lepas dan cucilah menggunakan sabun yang lembut. Tapi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa membawa cincin tersebut ke toko perhiasan, kalau bisa tempat Anda membelinya, dan minta mereka untuk membersihkan.

Foto : Dok . Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP