Urusan Persiapan Pernikahan, Lebih Ribet Pria atau Wanita?

Foto: dok. Freepik


Bila Anda dan pasangan dalam tahap persiapan pernikahan, coba sedikit perhatikan setiap detil persiapan pernikahan yang Anda dan pasangan Anda kerjakan. Siapa yang lebih ribet dan detil mengenai persiapan pernikahan tersebut, Anda sebagai pria atau Anda sebagai wanita? Jika ingin mendapat gambaran lebih jelas dalam menentukan siapa yang lebih ribet urusan pernikahan ini, mari simak penjelasan berikut.


Paling utama yang harus dipersiapkan pria adalah dana atau biaya pernikahan. Apapun akan dilakukan sang pria untuk mewujudkan pernikahan impian dirinya dan sang pujaan hati karena pernikahan hanya dilakukan sekali seumur hidup.


Bagi Anda, wanita, bisa juga ikut sedikit membantu pasangan agar beban dari pria sedikit teringankan. Namannya juga pernikahan berdua, jadi tidak ada salahnya Anda sebagai wanita ikut membantu dan mendukung satu sama lain.


Pria juga harus ikut andil dalam hal mengurus kelegalan surat-surat pernikahan. Karena yang menikah adalah dua orang, jadi proses pengurusan surat-surat yang menyangkut pernikahan juga harus dilakukan oleh kedua calon pasangan suami-istri.


Disamping itu, pria diwajibkan untuk membuat wanita nyaman. Di saat wanita sibuk dan merasa lelah dengan pengurusan perintilan-perinilan pernikahan, Anda sebagai pria harus bisa membuat sang wanita kembali bersemangat lagi. Namanya juga wanita, memang sering sensitif bila merasa lelah.


Biasanya, wanita lebih detil dalam mempersiapkan segala kebutuhan, termasuk dalam mempersiapkan kebutuhan pernikahan. Misalnya, mengurus katering, gedung, undangan, gaun dan jas, suvenir, dekorasi dan beberapa hal lainnya. Namun tak menutup kemungkinan pria juga ikut andil dalam hal memutuskan vendor-vendor pernikahan yang sudah dicari dan dipilih oleh wanita.


Selain itu, wanita juga biasanya mempersiapkan penampilan saat pernikahan. Misalnya menjaga berat badan, menjaga agar tetap sehat, menjaga agar tidak drop, menjaga asupan gizi, menjaga mental hingga menjaga agar keuangan tetap stabil dalam mempersiapkan pernikahan.


Sebenarnya tidak ada yang lebih ribet diantara pria dan wanita dalam mempersiapkan pernikahan mereka, karena keduanya sudah memiliki porsinya masing-masing. Anda bisa lihat dari beberapa hal yang dibahas di atas, bahwa jika porsi pria lebih banyak maka sang wanita akan ikut membantu walau tak banyak. Begitupun bila wanita mengurus vendor-vendor, pria juga akan membantu dalam hal pemilihan dan lainnya.


Semua sudah ada porsinya masing-masing. Jadi Anda dan pasangan harus bisa menjadi tim yang solid agar pernikahan impian dapat terwujud dengan sempurna. Diperlukan sifat saling pengertian agar tidak ada masalah yang berarti mendatangi Anda dan pasangan.


Sekadar informasi, mempersiapkan pernikahan berdua dengan sifat saling pengetian bisa menjadi tahap awal Anda melakukan pekerjaan berdua dengan pasangan. Tahap ini juga akan menjadi pelajaran bagi Anda dan pasangan kelak menghadapi masalah berdua. Jadi, Anda tidak akan terlalu canggung nantinya bila menghadapi masalah karena sebelumnya sudah pernah melakukan dan menyelesaikan satu hal dengan kompak secara bersama-sama.


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP