Wedding Florist & Decoration : Memilih Bunga Sendiri untuk Hari Pernikahan

Memang benar, Anda telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pihak dekorator dan wedding organizer yang sangat profesional untuk menangani semua hal termasuk pemilihan bunga yang paling tepat. Tapi tidak ada salahnya untuk “turun tangan” langsung dalam mewujudkan impian Anda berdua.

Keuntungan utama ketika Anda memilih dan menentukan sendiri dekorator dan jenis bunga yang diinginkan, Anda bisa langsung memperkirakan realisasi dari bujet dan impian pernikahan yang diinginkan. Jika memang terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan desain dekorasi dan jenis-jenis bunga-bunga penggantinya yang mungkin tidak terlalu mahal tapi masih cocok dengan keinginan Anda berdua.

Berikut ini beberapa tips dan trik supaya Anda tidak salah menentukan bunga ataupun berkonsultasi dengan dekorator pilihan :

  1. Percaya dengan dekorator pilihan, artinya Anda berdua bebas berbagi visi, misi, impian, dan selera dengan sang decorator. Dan pihak dekorator yang profesional tentunya akan memberikan ide, usulan, atau solusi agar pesta Anda lebih meriah lagi.
  2. Lihat dalam desain atau gambaran keseluruhan
  3. Jangan sampai susunan bunga centerpiece yang Anda inginkan terlalu tinggi atau besar, sehingga menutupi pemandangan sekitarnya ataupun menghalangi pandangan para tamu yang duduk di meja dan menikmati hidangan.
  4. Beberapa rangkaian bunga yang digunakan dalam upacara pernikahan bisa digunakan lagi dalam dekorasi pesta, meja catering prasmanan, ataupun menghias kamar pengantin. Selain bujet lebih terjaga, rangkaian bunga yang masih sesuai dengan tema pesta keseluruhan pun tidak terbuang percuma.
  5. Hindari pemilihan vendor dekorasi dengan waktu yang sempit, karena Anda berdua akan kesulitan memperhitungan bujet ataupun merealisasikan harapan dengan baik. Selain itu Anda berdua pun harus memperhitungkan proses pengadaan beberapa bunga import apabila memang dibutuhkan.
  6. Meskipun Anda berdua sudah mempunyai harapan dan impian tapi sebaiknya tetap bisa berkompromi dalam mendengarkan usulan profesional dari pihak dekorator, apalagi jika harapan Anda sebenarnya memiliki banyak hambatan untuk diwujudkan. Misalnya waktu yang sempit atau persediaan bunga yang sulit dicari karena bukan musimnya. Kuncinya adalah terus berkomunikasi secara terbuka.
  7. Bujet pernikahan memang harus dijaga, tapi jangan takut dengan harga bunga yang mahal. Misalnya peony atau anggrek cattleya. Meskipun mahal, ada beberapa bunga yang sedikit saja jumlahnya tapi bisa menimbulkan efek “glamour” daripada misalnya bunga mawar dan berdampak besar terhadap keseluruhan dekor pernikahan Anda.
  8. Meski Anda mempunyai kecenderungan ingin mencocokan semua warna mulai dari tema keseluruhan, hand bouquet pengantin, hand bouquet pengiring pengantin, bunga rambut, gaun orangtua, dan lain sebagainya, tapi sebaiknya hindari pemilihan warna yang hanya sejenis. Anda bisa menambahan beberapa aksen warna agar desain dekorasi lebih cerah, segar dan dinamis.
  9. Hindari pemilihan bunga yang sangat wangi untuk diletakkan menjadi centerpieces. Selain mengacaukan aroma hidangan, bunga centerpieces yang terlalu wangi bisa memancing beberapa gejala alergi. Pilih bunga-bunga yang wangi untuk hand bouquet pengantin atau penataan dekorasi di lokasi upacara pernikahan.
  10. Tentukan jenis-jenis bunga yang sesuai dengan tema pesta Anda misalnya bunga-bunga untuk pesta outdoor tentunya berbeda dengan bunga-bunga yang digunakan dalam dekorasi indoor, terutama dari segi daya tahannya. Ada beberapa bunga yang harus selalu dalam keadaan segar dan tidak tahan terkena sinar matahari.
    Tema pesta pernikahan kian modern dan cozy dari waktu ke waktu. Begitupula dengan desain dekorasi. Anda sudah tidak perlu membuat hand bouqet yang besar seperti jaman pernikahan Lady Di dan Pangeran Charles. Selain berat dan kurang nyaman, saat ini yang paling penting adalah desain yang modern, trendy, serta kualitas bunga yang cantik.

Beberapa dekorator dan florist yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda

1. Fleur De Lis Dekor

2. Welly’s Art Florist & Decoration

3. Jonquilla Floral & Party Decor

4. Angela Florist & Decoration

Teks : Ari Anastasia CHR. Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP