Yuk, Ikutsertakan Orang Tua Di Persiapan Pesta Pernikahan Anda

Pernikahan Ritchie & Ivana| Foto: Alluvio Photography

Banyak calon pengantin yang dalam mempersiapkan pesta pernikahannya justru enggan mengikutsertakan orang tuanya sendiri dan lebih sering mengajak teman dekat atau pasangannya. Alasannya karena tidak mau dipusingkan dengan pendapat yang mungkin saja berbeda dengan keinginan Anda sendiri. Di sisi lain, Anda sendiri mungkin takut untuk menolak pilihan sang ayah atau ibu jika ternyata apa yang dipilih tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Jangan heran jika di jaman sekarang masih ada orang tua yang menentukan apa yang baik dan tidak baik untuk pesta pernikahan anaknya.

Namun perlu diingat, bagaimanapun ketidaknyamanan Anda mengikutsertakan orang tua dan calon mertua Anda dalam persiapan pesta pernikahan, mengajak mereka berdiskusi atau sekedar memberi tahu sampai dimana persiapan Anda berdua membuat hubungan Anda menjadi lebih baik. Sebagai orang tua, mereka ingin melihat anaknya bahagia karena mereka pun bahagia atas pernikahan Anda berdua. Ada momen Anda bisa mengajak orang tua atau calon mertua untuk memilih elemen pesta Anda, ada juga yang mungkin lebih baik Anda tentukan sendiri. Namun, mengikutsertakan mereka di persiapan pesta Anda berdua akan menjadi hal yang baik bagi Anda kelak.

Pernikahan Glenn & Jessica | Foto: Journal Portraits

Dalam Memilih Gaun Pernikahan Anda

Memilih gaun pengantin menjadi momen yang personal untuk Anda. Sebagai Ibu, beliau tentunya ingin melihat Anda tampil cantik di hari bahagi Anda nantinya. Dan, tampil cantik berarti tampil dengan mengenakan gaun pengantin impian Anda. Anda dan ibu Anda bisa menjadi teman diskusi yang menyenangkan untuk memilih gaun yang Anda suka. Namun, jika karakter ibu Anda lebih mengarah pada judgemental, lebih baik Anda tidak mengajaknya saat awal-awal memilih gaun pernikahan Anda.

Pernikahan Tenessa & Melvin | Foto: Gusmank Photography

Dalam Memilih Tempat Pesta Pernikahan

Jika biaya pernikahan akan dikeluarkan oleh orang tua pasangan Anda atau lebih banyak dibayarkan oleh orang tua pasangan Anda, sudah menjadi keharusan Anda berdua mengajaknya untuk meninjau tempat pesta pernikahan Anda. Setidaknya Anda memberikan bayangan pada ibu atau ayah Anda untuk melihat tempat dimana nantinya Anda akan menikah. Tentu saja, Anda juga bisa mengajak calon mertua bersama dengan orang tua Anda untuk menjadikan momen kebersamaan yang menyenangkan sebelum pesta pernikahan nanti.

Pernikahan Toni & Sonia | Foto: Iluminen

Dalam Mencoba Menu Makanan Pesta

Dalam mencoba menu makanan pesta Anda berdua perlu mengikutsertakan orang tua masing-masing tidak tergantung dari siapa yang akan membayar pesta pernikahan Anda. Ini adalah acara bersama yang salah satunya adalah untuk menghormati kedua orang tua dan calon mertua Anda. Bisa dibayangkan jika saat mencoba menu hidangan pesta, salah satu dari orang tua tidak diundang dan mereka tahu bahwa momen ini telah lewat tanpa mereka diundang? Tentu akan menjadi pertanyaan besar dari mereka.

Pernikahan Sendy & Victor | Foto: Tein Miere

Dalam Berkomunikasi Selama Persiapan Pesta Pernikahan

Komunikasi antara Anda dan orang tua dari keduabelah pihak menjadi sangat penting di momen-momen persiapan pesta pernikahan Anda, apalagi jika pasangan yang akan Anda nikahi adalah anak laki satu-satunya. Ingatlah secara psikologi anak laki akan lebih dekat dengan ibunya, dan saat Anda menikahi anaknya, ia akan merasa ada orang yang mengambil buah hatinya dari dirinya. Jadi berpandai-pandailah menarik hati, dalam hal ini ibu mertua Anda, agar terjadi komunikasi dan hubungan yang baik di kehidupan pernikahan Anda berdua kelak.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP