Cantik Berhijab Secantik Tradisi

Impian untuk tampil cantik di hari istimewa selalu hadir di dalam benak setiap wanita. Impian wanita berhijab untuk tampil cantik dalam busana adat tanpa melanggar akidah pun kini dapat diwujudkan.


Busana Pengantin
Palembang Aesan Gede
Keanggunan busana pengantin warisan kerajaan Sriwijaya ini begitu indah memancar, memikat setiap mata yang memandang. Helai demi helai songket yang tersusun membalut tubuh, begitu indah namun kerap menjadi masalah bagi pengantin berhijab. Dengan pemakaian manset dan kerudung warna kulit, masalah pun teratasi. Ragam aksesori indah seperti teratai di bahu, beragam gelang, hingga mahkota yang disusun bersama bunga cempako, kembang goyang, juga kelapo standan pun terpasang sempurna.


Busana Pengantin Melayu
Perpaduan kebaya panjang dengan songket warna senada serta aplikasi cucuk sanggul sebagai mahkota menjadi ciri khas penampilan pengantin Melayu. Pemakaian manset warna kulit melapisi kebaya, serta jilbab keemasan sesuai mahkota, menghasilkan tampilan sempurna bagi wanita muslimah berhijab.


Busana Pengantin Minang Pesisir
Pemakaian baju kurung berlengan panjang yang tertutup hampir tak menyisakan ruang terbuka pada busana pengantin Minang Pesisir ini. Untuk menyempurnakan penampilan, dikenakanlah jilbab warna kulit atau keemasan, agar senada dengan sunting dan aksesori yang juga bernuansa keemasan, sehingga rambut dan leher pun tertutup sudah, menyisakan jari jemari nan lentik.


Susunan sunting gadang yang indah membingkai wajah pun dapat tetap terpasang. Cantik, tanpa sedikitpun mengurangi keanggunan dan kemegahan busana khas pengantin Minang ini.


Busana Pengantin Koto Gadang
Meski tanpa penambahan apapun, tengkuluk talakuang sebagai penutup kepala pengantin wanita yang merupakan sumber keunikan, sudah menggambarkan akulturasi budaya Timur Tengah yang terjadi pada busana pengantin Koto Gadang. Namun bagi pengantin berhijab, disematkanlah ciput atau jilbab untuk membuatnya lebih tertutup dan tampil sempurna.

Teks & Pengarah Gaya Setia Bekti Handayani
Foto Robert – Marsio Photography
Tata rias wajah & rambut Des Iskandar Busana, aksesori adat & kerudung Des Iskandar
Dekorasi Des Iskandar
Model Maria (JIM), Gwen

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP