Cincin Kawin yang Bisa Dipakai Pria Muslim

Foto: Freepik


Berbeda dengan wanita, pria muslim tidak boleh sembarangan mengenakan perhiasan yang bermaterial emas murni. Kalau sudah ada larangan seperti ini, lantas bagaimana dengan cincin kawin?


Dalam agama Islam, pria dilarang menggunakan cincin atau perhiasan lainnya yang berbahan dasar emas untuk alasan apapun, termasuk alasan pernikahan. Walaupun begitu, pria masih bisa mengenakan cincin nikah yang materialnya selain dari emas. Berikut beberapa diantaranya.


Platina/ Emas Putih
Meskipun namanya emas putih, namun materialnya berbeda dengan emas murni (kuning). Emas putih atau platina adalah logam yang paling kurang reaktif. Pria boleh menggunakan cincin bermaterial emas putih ini. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dengan campurannya karena ada beberapa orang yang membentuk emas putih dari unsur pembentuk emas kuning. Pastinya, yang sudah bercampur ini tidak bisa digunakan oleh pria.


Palladium
Salah satu jenis logam mulia ini juga bisa dikenakan oleh pria muslim dan cincin jenis palladium ini juga banyak dipilih oleh pengantin pria muslim. Biasanya dalam membuat satu cincin, 50% palladium akan dicampur dengan 50% perak sehingga menghasilkan bentuk yang sangat apik, kokoh, tahan oksidasi, hingga anti noda.


Perak
Jenis logam mulia satu ini memiliki harga lebih murah dari jenis logam mulia lainnya. Selain itu, perak juga mudah dibentuk, mudah disolder dan mudah untuk dipoles, makanya jika Anda ingin cincin yang bertekstur, perak merupakan pilihan yang tepat. Di balik beberapa kelebihannya tersebut, perak memiliki kekurangan yakni butuh perawatan yang ekstra dibandingkan dengan jenis logam mulia lainnya. Jika tidak terawat, warna dan kilau cincin akan cepat pudar.


Titanium
Titanium merupakan logam yang sangat kuat dan kokoh. Harganya juga sangat terjangkau. Makanya, cincin berbahan dasar titanium ini juga bisa menjadi salah satu altrnatif cincin kawin untuk pria.


Zikronium
Bahan zikronium ini juga terlihat sangat kokoh dan menarik. Kelebihan zikronium dibandingkan logam lain adalah tahan goresan maupun korosi. Material ini juga bisa didesain sesuka hati Anda, termasuk desain cincin pernikahan.


Tungsten Karbida
Jenis logam yang satu ini pasti masih sangat asing di telinga Anda. Hanya saja dalam dunia perhiasan, logam ini sudah biasa diolah, salah satunya untuk cincin pernikahan. Kelebihan logam ini, bisa mempertahankan bentuk aslinya dan tidak mudah tergores. Logam ini juga memiliki titik lebur yang cukup tinggi sehingga sering dijadikan alternatif cincin pernikahan pria muslim selain emas.


Anda lebih suka cincin jenis apa?

Ingin merencanakan pernikahan?

Anda bisa konsultasikan di Hotline Whatsapp official Weddingku.

CHAT WITH US

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP