3 Trik Menghemat Bujet Katering

Di antara begitu banyaknya keperluan pernikahan seperti kebaya atau gaun pengantin, suvenir, undangan dan lain sebagainya, katering menjadi kebutuhan yang menguras bujet cukup banyak. Terlebih bila jumlah tamu yang diundang tidak sedikit, porsi katering pun akan semakin banyak, yang berarti pengeluaran juga meningkat. Salah satu solusi untuk mengurangi bujet yang membengkak adalah dengan memangkas biaya katering. Bagaimana caranya? Simaklah tiga langkah berikut ini.

1. Menentukan menu buffet dan stall (pondokan)
Seperti yang diketahui ada dua macam makanan yang dihidangkan dalam resepsi pernikahan. Pertama adalah menu buffet untuk hidangan prasmanan yang biasanya tergolong menu berat dengan nasi serta aneka lauk dan sayur. Sementara hidangan kedua merupakan pondokan yang biasanya menempati tepi ruangan dengan berbagai menu kudapan. Seperti disampaikan Dynasty Catering and Wedding Package, kedua varian makanan ini memiliki trik tersendiri untuk menekan bujet hingga seminimal mungkin.

  • Buffet

Bicara tentang menu buffet ragam pilihan lauk hingga sayur-mayur pendamping nasi akan terbayang. Namun tahukah dalam memilih menu perlu dicermati karena dapat mempengaruhi bujet Anda. Sebagai trik Anda dapat menghindari menu lauk seperti ikan atau ayam yang telah di-fillet. Teorinya dengan menyajikan menu fillet tamu dapat menyantap dengan mudah dan cepat, sehingga menu fillet dapat habis dengan cepat. Sementara hal tersebut sangat dihindari. Untuk itu Anda dapat memilih lauk dengan tulang seperti ayam mentega, ayam kecap wangi dan lainnya.

  • Stall (pondokan)

Menu pondokan umumnya menjadi kudapan pengantar makan berat dan tidak heran porsinya juga mini. Jumlah porsi stall pun lebih sedikit dibanding buffet, perbandingannya sekitar 20 % untuk stall dan 80% untuk menu buffet. Menunya pun beragam, dari yang mahal seperti salmon and cod, steak ikan gindara hingga yang terjangkau seperti siomay, sate, soto dan lainnya. Untuk meminimalkan anggaran, pilih menu pondokan dengan kategori terjangkau. Cara ini dianggap cukup ampuh untuk menekan biaya katering.

Baca juga : Tips Memilih Katering Untuk Pesta Pernikahan


2. Mengadakan Resepsi Di Malam Hari
Siang hari biasanya merupakan saat dimana orang akan makan dengan porsi lebih banyak karena rasa lapar yang melanda. Sementara di malan hari, beberapa orang cenderung mengurangi porsi makan atau bahkan menghindari makan pada jam-jam tersebut. Terutama mereka yang tengah menjalani program diet. Karenanya, bila Anda menggelar resepsi malam hari sekitar pukul 19.00, rasa lapar para tamu cenderung berkurang sehingga keinginan untuk makan pun menurun, tak lagi dengan porsi besar. Dengan begitu, bujet Anda untuk katering pun dapat dikurangi.

3. Kurangi Jumlah Tamu
Adakah keinginan untuk mengadakan pernikahan dengan suasana intim dengan para kerabat dan sahabat tanpa kehadiran tamu tidak dikenal? Jika setuju itu berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengurangi bujet katering. Undang tamu yang hanya dikenal, tanpa perlu mengajak kolega dari kedua belah pihak orang tua yang tidak dikenal oleh kedua pengantin. Dengan hanya dikelilingi oleh orang-orang terdekat, suasana pesta pun akan terasa lebih hangat. Anda tinggal mengerucutkan jumlah tamu undangan yang telah di-list, dan sesuaikan dengan jumlah porsi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Foto : Soe Photography

Katering : Century Park Hotel

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP