Saat Hubungan Tak Mendapat Restu Orang Tua

Foto: Dok. Pinterest.com

Restu dan doa dari orang tua adalah hal yang paling didambakan oleh setiap orang sebelum mengerjakan sesuatu. Terutama bagi mereka yang hendak melangsungkan pernikahan. Setiap pasangan calon pengantin pasti memohon restu dari orang tua agar pernikahan mereka berjalan lancar, dan biduk rumah tangga yang hendak dibina mendapatkan berkah dari Tuhan. Karena restu orang tua adalah juga restu Tuhan.

Lalu bagaimana bila restu tersebut belum didapat? Haruskah pernikahan tetap dilaksanakan tanpa restu orang tua? Atau haruskah hubungan yang telah terbina sekian lama terpaksa putus di tengah jalan? Jangan putus asa dulu. Teruslah berdoa dan berusaha agar Tuhan menggerakkan hati kedua orang tua dan mau memberikan restu dna doanya kepda anaknya yang hendak menikah. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melunakkan hati orang tua.

  • Kenalkan pasangan kepada keluarga

Semakin cepat Anda memperkenalkan kekasih kepada orangtua atau keluarga, semakin cepat pula Anda mengetahui reaksi dan penilaian mereka. Sehingga, begitu masalah timbul, Anda bisa mengantisipasi dan mengatasi dengan segera.

  • Cari jalan tengah

Tanyakan langsung pada orangtua, apa alasan mereka tidak menyetujui hubungan Anda. Diskusikan dan cari jalan tengah. Siapa tahu, mereka salah menilai pilihan Anda. Bila materi yang menjadi masalah, coba yakinkan orang tua bagaimana rencana Anda dan pasangan dalam menghidupi keluarga baru nantinya. Bisa jadi orang tua hanya khawatir anak kesayangannya akan hidup susah kelak.

Foto: Dok. Pinterest.com

  • Perhatikan keluarga

Di sela-sela kesibukan, tetap tunjukkan cinta dan perhatian pada keluarga. Yakinkan keluarga bahwa kedudukan mereka tak tergantikan oleh siapapun. Buat mereka percaya bahwa meski telah menikah nanti, orang tua akan selalu mendapati tempat teratas.

  • Sabar

Jangan mengambil keputusan saat orangtua dan keluarga belum `sreg` dengan pilihan Anda. Tunggu sampai mereka memberi `lampu hijau`. Memang perlu kesabaran, tapi jika Anda gigih dan beritikad baik, perlahan mereka akan luluh.

  • Hadapi berdua

Kesulitan seberat apapun akan lebih ringan bila dihadapi bersama orang yang kita cintai. Bagaimanapun kondisi yang ada, seburuk apapun kenyataan yang mungkin terjadi, hadapi berdua dengan pasangan. Tetap berpegang pada komitmen yang dibuat. Anda memang perlu mendengarkan pendapat orang lain, tapi semua kembali pada komitmen berdua untuk menjalaninya.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP