Akan Tinggal Dimana Usai Menikah?

Meskipun waktu Anda akan tersita dengan segala persiapan pernikahan, namun sempatkanlah untuk memikirkan dan menjawab pertanyaan ini sedini mungkin. Apakah Anda akan menetap di rumah orang tua pengantin pria, orang tua pengantin wanita, atau pindah ke hunian baru? Meski terlihat sederhana, ada begitu banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan. Diskusi bersama pasangan serta orang tua dari kedua belah pihak pun dibutuhkan untuk mendapatkan keputusan terbaik. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan.

Tinggal Satu Atap Bersama Orang Tua
Kebanyakan pengantin baru akan memulai hidup bersama dengan tinggal bersama orang tua. Baik orang tua dari pihak pria maupun wanita. Ada yang bersifat sementara sambil pelan-pelan membiasakan orang tua untuk ditinggal anaknya, dan membiasakan anak untuk hidup lebih mandiri. Ada pula yang merasa nyaman dan berkelanjutan. Kenyamanan hidup bersama orang tua ini biasanya dirasakan karena dapat menghemat biaya hidup. Mulai dari makanan, listrik, hingga asisten rumah tangga dapat menjadi lebih hemat karena ditanggung bersama. Selain itu ada pula alasan mulia, yaitu menjaga dan merawat orang tua, terutama bila mereka telah berusia lanjut.

Memilih Tinggal di Hunian Baru
Kemandirian merupakan alasan utama kebanyakan pasangan pengantin yang memilih tinggal terpisah dari orang tua. Dengan tinggal terpisah, pasangan pengantin baru akan belajar bagaimana mengurus rumah tangganya sendiri tanpa campur tangan orang tua. Dalam memilih hunian baru pun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti lokasi serta jenis property. Apakah Anda lebih tertarik untuk tinggal di apartemen atau rumah? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Memiliki bangunan yang berdiri di atas tanah milik sendiri, memiliki kelebihan dimana Anda dapat berinvestasi dengan harga tanah yang tidak mengenal hukum harga turun. Selain itu dengan semakin cantik dan semakin artistik rumah yang dibangun nilainya pun akan semakin meningkat. Dan keuntungan tersebut baru akan dirasakan pasangan setelah beberapa tahun kemudian. Sedangkan tinggal di apartemen, selain sudah menjadi tren gaya hidup, biasanya lokasi apartemen lebih strategis karena berada di pusat kota. Untuk pasangan muda yang sibuk, tentu hal ini menjadi lebih praktis dan lebih tepat. Namun properti ini memiliki kelamahan yaitu nilai jualnya yang kurang stabil. Karenanya, perlu kejelian untuk memutuskan pilihan paling bijak dan sesuai kebutuhan Anda berdua.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP