Barcelona es Mucho Mas Part 1

Bayangkan sebuah kota tepi pantai yang cantik dengan arsitektural bangunan-bangunannya yang indah dan juga penduduknya yang begitu hangat dan menyenangkan. Berbatasan dengan daerah perbukitan hijau yang berseberangan dengan Laut Mediterania yang biru dan beriklim lebih ramah dibanding dengan dataran luas di sebelah utaranya menjadikan kota terbesar di Catalonia ini sebagai salah satu kota di Eropa yang paling banyak dikunjungi.

Benviguts a Barcelona!
Barcelona menyimpan banyak sejarah dan kenangan yang mengesankan. Lokasinya yang istimewa menjadikan bangsa Romawi memilih Barcelona sebagai kota pelabuhan terbesar di Laut Mediterania dan keindahannya membuat bangsa ini betah menetap di sana. Sejarah panjang menjadikan kota Barcelona penuh cerita yang membentuk karakter penduduknya. Ia menjadikan siapapun yang tinggal di kota ini menjadi bangga. Bangga akan keberadaan kota Catalonia yang cantik ini dan juga berbagai aspek kehidupan Catalonia yang mendarah daging. T’estimo, Barcelona!

Pesawat Qatar Airways QR67 mendarat tepat di Aeroport de Barcelona el Prat tepat di pengujung siang hari yang terik dan berlangit biru. Cuaca memang tidak bisa diprediksi di benua Eropa, namun cerahnya hari menjadikan awal yang baik setelah hawa dingin dan hujan es turun mendera kota ini beberapa hari sebelumnya. Kunjungan ini disponsori oleh Catalan Tourist Board dan Qatar Airways dan menjadi kunjungan kedua kalinya bagi saya ke kota yang cantik ini.

Barcelona!
Belum ke Spanyol namanya jika belum mengunjungi Barcelona. Kota yang dikunjungi lebih dari tujuh juta turis setiap tahunnya ini menjadi salah satu dari sepuluh kota di daratan Eropa yang wajib untuk dikunjungi, bukan saja karena keindahannya, tapi juga karena berbagai aspek kehidupan dan apa yang ditawarkannya. Sejarah, budaya, dan arsitektur indah di sepanjang kota ini menjadi daya tarik yang bersinergi dengan energi dan vitalitas penduduk kota ini. Tanpa mengenal kata siesta, kota ini bagai jantung kehidupan yang terus berdenyut. Bagaimana tidak? Di berbagai obyek wisata, kumpulan pengunjung akan terus berdatangan tanpa henti. Di jalan-jalan besar berarsitektur indah, penduduk kota berbaur dengan pengunjung menjalin energi yang terus bergerak. Barcelona terasa begitu dinamis, bergerak menjadi kota modern tanpa meninggalkan identitasnya.

Di sudut jalan Carrer de Mallorca dan Passeig de Gràcia yang sibuk, saya mengamati kota yang dinamis ini. Penduduk kota berpakaian rapih berjalan cepat sibuk dengan kepentingan mereka, sementara para wisatawan dengan santainya berhenti di satu-satu toko yang berbaris di sepanjang jalan utama kota Barcelona ini. Spanyol boleh terkena krisis ekonomi, namun hal tersebut tidak terlihat di Barcelona.

Menikmati Tapas
Kota ini bukan saja terkenal dengan seni modernisme Gaudi yang berusaha untuk menghindari garis lurus, tapi Barcelona terkenal sebagai sebuah kota kuliner. Salah satunya adalah menikmati tapas! Tapas adalah penganan kecil untuk menemani minum teh di sore hari, saat menunggu di bar, atau bahkan berbagai macam tapas dapa menjadi sebuah hidangan tersendiri. Walaupun berasal dari Spanyol pada umumnya, tapas mempunyai cita rasa yang berbeda di masing-masing kota dan tentu saja di daerah Catalonia. Mengikuti cita rasa dan karakter kulinari Catalonia, tapas di daerah ini akan berbeda dengan yang ditawarkan di kota-kota lainnya.

Menikmati tapas bersama dengan sekumpulan teman menjadi kegiatan yang sungguh menyenangkan! Perlahan-lahan menyantap sambil mengobrol, menikmati macam demi macam untuk mencoba berbagai ragam, mengagumi bukan saja cita rasanya namun juga susunan dan bagaimana tapas itu dihidangkan, lama-lama menyantap berbagai macam makanan yang kecil bentuknya ini dapat mengenyangkan rasa lapar sama seperti makan dengan hidangan penuh. Menikmati tapas adalah sebuah gaya hidup dan salah satu cara bagi orang-orang di Spanyol, dan umumnya di Barcelona, untuk bersosialisasi.

Berkunjung ke Camp Nou
Jika Anda belum ke Spanyol sebelum mengunjungi kota Barcelona, maka Anda belum mengunjungi Barcelona sebelum bertandang ke stadion salah satu klub sepakbola yang paling terkenal di dunia, FC Barcelona. Mendapat sebutan dengan nama Camp Nou, stadion dan juga klub sepakbola ini mempunyai sejarah perjuangan bangsa Catalonia yang panjang. Di dalam stadion ini terdapat museum FC Barcelona dengan rincian sejarahnya yang panjang disertai dengan tampilan display berupa trofi piala kemenangan dan berbagai atraksi audio visual yang menarik.

Ini adalah kunjungan kedua bagi saya ke Camp Nou. Terus terang saya bukan penggemar sepakbola dan buta akan dunia pesepakbolaan, namun kunjungan ke Camp Nou mengubah persepsi saya. Sejak itu, keingintahuan saya akan dunia pesepakbolaan bertambah dan tentu saja FC Barcelona menjadi klub dambaan saya. Sebuah klub yang bukan saja menjadi klub sepakbola, tapi mempunyai cerita lebih dari sekadar klub sepakboa. Mes Que Un Club!

Salah satu kegiatan menarik dari berkunjung ke Camp Nou adalah melihat sendiri tempat-tempat yang digunakan seperti ruang ganti pemain lawan, tempat konferensi pers pemain dan pelatih, dan juga berkesempatan untuk berdiri di sisi lapangan rumput yang terawat begitu rapinya. Demikian setelah menyelesaikan berbagai kunjungan, penggemar FC Barcelona akan terpuasi dengan mengunjungi FC Botiga Megastore yang menjual semua barang-barang yang berhubungan dengan klub sepakbola ini. Jangan tanya ada berapa banyaknya suvenir bertuliskan nama-nama pemain terkenal, apalagi nama seorang Lionel Messi.

Teks & Foto Iman Hidajat, Dok. Hotel Alma Barcelona

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP