Cantik Alami Dengan Masker Buah

Siapa yang tidak mendambakan memiliki kulit wajah sehat dan kencang? Baik wanita bahkan pria tentu menginginkan hal itu. Namun itu tidak akan terwujud apabila Anda menjalankan gaya hidup yang tidak sehat. Ditambah lagi oleh gempuran polusi udara saat beraktivitas di luar ruangan. Jangan heran kalau wajah rentan mengalami masalah kulit. Untuk menangkalnya cukup mudah, alami dan menyehatkan. Dan yang tak kalah penting dijamin aman bagi tubuh, yakni dengan menggunakan masker buah pada wajah.

Masker buah? Kebanyakan orang lebih mengetahui buah-buahan sebagai santapan ketimbang masker untuk wajah. Tetapi asal tahu saja, nutrisi yang terkandung pada buah, ampuh menanggulangi masalah kulit saat dijadikan masker wajah. Mulai dari yang berminyak, kering, berjerawat, keriput atau berbintik hitam. Bagi calon pengantin yang tengah melakukan perawatan, masker buah sangat direkomendasikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemakaiannya harus rutin sejak jauh-jauh hari. Apa saja buah-buahan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit? Berikut ini ulasannya.

Kulit Berjerawat

Apel
Dikenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi, apel juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Untuk membuat masker dari apel cukup mudah, caranya parut apel hingga halus lalu campur dengan sedikit madu. Oleskan ke seluruh wajah, diamkan beberapa menit, kemudian basuh dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu. Pemakaian yang rutin menjadi kunci mempunyai wajah bersih tanpa jerawat.

Jeruk dan Lemon
Sudah bosan melihat jerawat yang sulit dihilangkan dari wajah Anda? Ada solusinya kok, yakni masker paduan buah jeruk dan lemon. Pertama-tama sediakan lemon dan jeruk, lalu peras. Kemudian masukan tiga sendok makan perasan air jeruk dan dua sendok makan perasan lemon ke dalam gelas blender, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah dan tunggu 20 menit sebelum dibilas dengan air. Hasilnya, kulit tidak hanya akan bebas dari jerawat, bintik hitam bekas jerawat pun akan hilang. Sebab zat asam yang terdapat pada lemon dan jeruk mampu mencerahkan serta menyegarkan kulit.

Pisang
Buah berwarna kuning ini, tidak hanya manis ketika dimakan. Di balik rasanya yang lezat, ada zat baik yang mampu membersihkan kelebihan minyak pada wajah, yang mengakibatkan kulit ditumbuhi jerawat. Cukup sediakan satu buah pisang, minyak zaitun ataupun madu, Anda bisa memilih salah satunya. Satukan bahan-bahan tersebut hinga berbentuk seperti bubur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas sampai bersih dengan air.

Kulit Berkerut dan Keriput

Persik
Memasuki usia baya, gejala seperti kerutan dan noda hitam akan rawan dialami oleh setiap orang. Tapi jangan khawatir, gejala penuaan itu bisa dikurangi dengan buah persik. Untuk mengembalikan kekencangan kulit, campurkan persik dengan putih telur untuk masker wajah. Bagi kulit berminyak, padukan buah persik dengan madu. Sementara bagi kulit kering, Anda bisa memakai buah persik yang sudah dihaluskan dengan tambahan yogurt sebagai masker wajah.

Kulit Berminyak

Alpukat
Semakin lama, terutama di siang hari kulit wajah akan lebih banyak menghasilkan minyak, fungsinya memang untuk melembabkan wajah, namun jika produksinya berlebih tidak baik juga. Hal itu akan membuat debu yang berterbangan menempel di kulit wajah dan menutupi lubang pori-pori. Bila didiamkan, itu membuat kulit wajah jadi tidak sehat. Kalau sudah begitu bisa mengganggu kepercayaan diri. Sebelum terjadi, ada baiknya dalam sekali atau dua kali sepekan, lakukan perawatan wajah dengan masker alpukat. Buah tersebut kaya akan vitamin yang berguna bagi kesehatan kulit, seperti vitamin A, E, dan K. Membuat masker dari buah alpukat sangatlah mudah, yakni haluskan alpukat, lalu beri sari lemon dan putih telur. Setelah teraduk rata, oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit. Langkah berikutnya bilas masker tersebut dengan air untuk hasil yang sempurna.

Kulit Putih Bersinar

Stroberi
Buah yang memiliki rasa segar ini ternyata juga menyimpan kegunaan yang diimpikan banyak wanita, yaitu membuat kulit putih bercahaya ketika diaplikasikan sebagai masker wajah. Meramunya juga tidak susah kok! Yang perlu disediakan cukup stroberi tentunya, dan yogurt. Blender keduanya hingga berubah warna, kemudian baluri di wajah sampai merata. Tunggu sampai 10-15 menit, baru basuh dengan air.

Pepaya
Sebagian orang kurang menyukai pepaya lantaran aromanya yang kurang sedap. Meki begitu, buah yang satu ini mampu memulihkan kulit yang kusam usai berjemur. Bahkan lebih dari itu, buah pepaya bisa membuat kulit makin bercahaya. Jadi, lupakan sejenak aromanya yang kurang sedap itu, buatlah masker pepaya demi keindahan kulitmu. Pertama, tumbuk halus pepaya serta tambahkan bubuk cendana. Sesudah jadi, oleskan di wajah lalu tunggu selama beberapa menit. Oh ya, masker pepaya ini juga dapat menghilangkan jerawat lho.

Foto Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP