Makanan Pengusir Rasa Stress Jelang Pernikahan

Hari pernikahan semakin dekat, ada rasa bahagia yang menghinggap, tetapi mengapa rasa gugup semakin dominan. Gugup atau stress menjelang hari H memang sering melanda calon pengantin, terutama calon pengantin wanita. Memang sulit untuk menghilangkan kedua rasa itu, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk setidaknya meminimalisir perasaan tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mampu mengurangi stress.

Berikut ini kami usulkan beberapa jenis makanan yang efektif membantu Anda untuk sejenak meredam rasa stress. Selain efektif untuk mengatasi stress, jenis makanan yang direkomendasikan ini juga dapat membantu program diet yang sedang Anda jalankan, karena rendah lemak dan rendah kalori.

1. Buah-Buahan
Sudah tentu buah menjadi makanan yang sangat bersahabat bagi yang sedang berdiet, memakannya sesering mungkin tidak akan menjadi masalah. Khusus buah yang dapat membangkitkan rasa nyaman dan mengusir rasa stress adalah blueberry, strawberry, alpukat, kurma, pisang, mangga, markisa, leci, jambu biji. Kandungan vitamin B dan asam folatnya mampu merangsang asam amino untuk menghasilkan zat serotonin yang dapat menghadirkan suasana tenang dalam hati.

2. Teh Hitam
Tradisi tea time di sore hari menjadi obat penangkal untuk mengusir ketegangan, tidak hanya dapat dilakukan sore hari, teh juga dapat dinikmati kapanpun di kala stress melanda Anda. Teh hitam khususnya, sangat efektif membantu meringankan beban yang ada dalam benak Anda. Penelitian membuktikan teh hitam yang mengandung zat kortisol berperan aktif mengusir rasa stress dan menimbulkan rasa rileks.

3. Kacang-Kacangan
Mengonsumsi kacang almond, kenari atau hazelnut baik untuk mendatangkan kenyamanan dalam pikiran dan hati Anda. Sediakan kacang-kacangan ini setiap kali Anda merasa stress, dan dalam beberapa saat kepenatan itu akan lenyap. Senyawa asam lemak omega yang terkandung dapat menetralisir suasana buruk dalam hati Anda.

4. Dark Chocolate
Cokelat bagi yang sedang diet adalah musuh, apalagi pada dasarnya ia sangat menyukai cokelat. Namun berbeda dengan cokelat yang babiasanya nyak mengandung gula, dark chocolate mempunyai kandungan gula yang lebih sedikit. Dikutip dari harian di India, cokelat menyimpan zat theobromine dan phenylethyamine yang dipercaya dapat membangkitkan suasana hati menjadi lebih tenang. Kandungan antioksidannya juga sangat menolong menyingkirkan rasa gugup.

5. Puding Rumput Laut
Makanan ini disukai dari berbagai jenis umur, tidak salah jika puding menjadi makanan favorit. Tidak hanya rasanya yang enak, puding juga mempunyai khasiat bagi yang sedang kehilangan mood. Kandungan alami seperti pantantothenic acid dalam rumput laut yang menjadi bahan utama bubuk puding baik untuk mengusir rasa stress. Sebagai saran, menambahkan buah-buahan akan menambah kelezatan puding.

Teks: Mery Desianti
Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP