4 Peran Penting yang Ada di Pernikahan Jawa

Foto: dok. Fahmi Ramadhan/Unsplash


Dalam pernikahan, biasanya orang hanya melirik pengantinnya saja sebagai bagian terpenting dari sebuah pernikahan. Jangan salah, pernikahan yang berjalan dengan sempurna yang Anda lihat itu adalah hasil kerjasama beberapa orang penting di dalamnya.


Pengantin tidak bisa berjalan sendiri di pernikahannya. Diperlukan beberapa orang penting yang akan membangun pernikahan Anda menjadi pernikahan yang layak untuk dinikmati bagi semua orang yang hadir.


Di pernikahan Jawa, ada beberapa orang yang perannya dianggap penting dalam pernikahan yakni orang tua, among tamu, pagar ayu dan pagar bagus serta penerima tamu. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut.


Orang Tua
Seperti yang diketahui bahwa pernikahan Jawa diisi dengan banyak prosesi adat. Prosesi adat tersebut banyak sekali melibatkan orang tua seperti pada momen siraman, midodareni, sungkeman dan lain-lainnya. Oleh karena itu, penampilan orang tua juga harus diperhatikan.


Pagar Ayu dan Pagar Bagus
Bukan bodyguard, bukan pula security yang akan melayani Anda di pernikahan, tapi ada pagar ayu dan pagar bagus yang akan konsisten mendampingi Anda saat pesta pernikahan berlangsung. Pagar ayu dan pagar bagus harus selalu siap sedia jika pengantin membutuhkan apapun.


Among Tamu
Among tamu bertugas untuk menggantikan sang tuan rumah karena biasanya sang tuan rumah sibuk ke sana ke mari untuk menerima ucapan selamat dari setiap tamu yang hadir. Pada dasarnya, yang mengemban tugas ini adalah keluarga, kerabat dekat atau bisa juga sahabat Anda.


Penerima Tamu
Gadis-gadis penerima tamu bertugas berjaga di depan menerima tamu yang datang ke pernikahan. Mereka bertanggung jawab untuk mempersilakan para tamu undangan untuk memasuki lokasi pesta pernikahan. Sebelum itu, para tamu akan diberikan buku tamu untuk mengisi data diri mereka terlebih dahulu. Penerima tamu harus berpenampilan menarik juga karena mereka yang akan dilihat pertama kali oleh semua orang.


Beberapa peran penting dalam pernikahan Jawa tersebut juga ada di pernikahan adat lainnya, hanya saja ada beberapa istilah yang berbeda namun dengan tugas yang sama. Ada juga istilah bridesmaid dan groomsmen yang sedikit banyaknya memiliki tugas yang sama seperti pagar ayu dan pagar bagus di pernikahan Jawa.


Bridesmaid dan groomsmen adalah sekelompok pengiring pengantin yang masih lajang dan bertugas untuk membawa bunga ke tempat pernikahan mengikuti pengantin. Bedanya dengan pagar ayu dan pagar bagus, bridesmaid dan groomsmen ini juga mendampingi kedua mempelai di saat masa persiapan pernikahan mereka.


Mereka akan menemani memilih sepatu pernikahan, gaun pernikahan hingga membantu untuk berkoordinasi langsung dengan wedding organizer, bahkan ada juga bridesmaid dan groomsmen yang sampai menjadi tim wedding organizer-nya. Selain itu, karena bridesmaid dan groomsmen banyak ikut andil dalam persiapan pernikahan, bisa saja mereka juga turut dalam membiayai pernikahan mempelai.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP