Cara Mendaur Ulang Gaun Pernikahan

Foto: Freepik


Kebanyakan calon pengantin akan membuat gaun pernikahan yang istimewa agar bisa tampil spesial di hari H. Calon pengantin wanita sengaja memilih gaun yang berharga lebih mahal dan sengaja membuatnya khusus. Padahal sayang sekali karena pasca hari pernikahan, gaun tersebut tidak bisa dikenakan kembali karena hanya cocok dikenakan saat menjadi pengantin saja.


Lebih sedih lagi, gaun istimewa tersebut hanya terpajang saja dan dipenuhi debu di dalam lemari. Padahal, Anda bisa menggunakan gaun itu kembali di beberapa acara lain. Seperti aktris Amerika, Troian Bellisario ini misalnya, dia memakai gaun pernikahannya kembali di acara bergengsi seperti Golden Globes beberapa waktu lalu.


Foto: Troian Bellisario / Instagram


Istri dari Patrick Adams ini mengubah bawahan gaunnya dengan rok berbahan sutra dan linen bertali berwarna putih dengan mengenakan kembali atasan crop pernikahan berwarna merah muda. Hanya dengan sedikit kreativitas, maka gaun pernikahan bisa dikenakan kembali.


Jika Anda terinspirasi dengan ide ini, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut. Pertama, pilihlah gaun yang lebih sederhana atau simpel. Misalnya dulu Anda menggelar pernikahan intimate dengan konsep outdoor. Pernikahan seperti ini biasanya tidak menggunakan gaun yang ribet dengan banyak pretelan, biasanya pernikahan ini menggunakan gaun yang sederhana namun tetap elegan. Jika menggunakan kebaya saat pernikahan, Anda bisa menggunakannya kembali untuk pergi ke pernikahan saudara atau teman. Jadi, kebaya tidak hanya menjadi pajangan saja di lemari.


Selain itu, Anda juga bisa mengubah gaun pernikahan menjadi satu barang baru, misalnya tas. Jika ingin mengurangi kelebihan bahan pada gaun pernikahan agar bisa dikenakan kembali untuk acara-acara lainnya, maka kelebihan bahan tersebut bisa Anda lepas atau gunting dan menjadikannya sebuah tas cantik. Saat ini, situs yang menawarkan cara-cara DIY untuk mendaur ulang gaun pengantin sudah sangat banyak dan inilah saatnya Anda berkreasi. Jangan kaget, selain menjadi tas, Anda juga bisa mendaur ulang gaun pernikahan menjadi bed cover bahkan alas bantal. Lihatlah betapa cantiknya hasil dari daur ulang gaun pernikahan ini. Sungguh cantik.


Foto: Istimewa


Kalau tidak ingin mendaur ulang gaun pernikahan, izinkanlah gaun tersebut dikenakan oleh saudara atau sahabat dekat agar lebih bermanfaat. Anda juga bisa meminjamkannya pada orang-orang terdekat daripada melihat gaun tersebut dirubah menjadi barang lain.


Opsi terakhir jika tak memiliki saudara untuk dipinjamkan gaun tersebut, Anda bisa mendonasikannya kalau mau. Hibahkanlah gaun perngantin tersebut pada organisasi-organisasi sosial yang terpercaya. Memang belum banyak yang melakukan hal ini, namun pasti ada saja orang yang akan membutuhkannya.


Bagaimana, apakah Anda berniat untuk mendaur ulang gaun pengantin agar bisa digunakan ke acara lain? Atau Anda lebih memilih untuk mendoasikannya pada yang membutuhkan? Semua terserah pada Anda, semoga apapun yang Anda lakukan dengan gaun pernikahan tersebut, akan selalu ada manfaatnya.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP