Cinta, Tradisi, dan Motivasi

Seringnya menjadi panitia pernikahan keluarga, memutuskan Indah Sarwono untuk berkecimpung di bidang pernikahan tradisional. Ia pun bersama Ambika Juanita mendirikan N'DIKA Wedding Organizer pada tahun 2004. “Dulu, sering banget diminta jadi panitia pernikahan keluarga dan teman-teman terdekat. Karena terbiasa, akhirnya kami memutuskan untuk membuat sebuah Wedding Organizer (WO) untuk membantu calon mempelai yang ingin menggelar pernikahan adat,” papar Indah.

Kecintaannya terhadap tradisi dan budaya yang ada di Indonesia serta untuk melestarikan budaya Indonesia menjadi motivasi kuat ia dan rekannya untuk terus menangani pernikahan tradisional. Apalagi di era tahun 2000-an upacara pernikahan tradisional sudah mulai jarang digelar oleh calon pengantin. “Pada waktu itu, kami melihat masih sedikit calon mempelai menggelar pernikahan tradisional. Alasannya pun macam-macam, mulai dari ribet, capek, biayanya terlalu besar, dan sebagainya,” jelas Indah.

Padahal, aku Indah, pernikahan tradisional meski terkesan ribet, capek, dan membutuhkan biaya yang besar, justru lebih memiliki kesan yang paling mendalam. “Pernikahan tradisional selain sakral, juga penuh dengan berbagai ritual,” imbuh Indah yang mengaku justru menyukai ritual-ritual adat yang ada di Indonesia. Apalagi ritual-ritual adat yang ada di setiap prosesi pernikahan tradisional memiliki makna tersendiri. “Makanya kami membuat WO khusus untuk pernikahan tradisional agar calon mempelai menyadari betap pentingnya menggelar upacara adat dalam pernikahan,” ujarnya antusias. Di samping untuk melestarikan budaya bangsa, tujuannya mendirikan WO adalah untuk membantu calon mempelai yang ingin menggelar upacara adat tapi bingung karena belum ada WO yang khusus pernikahan tradisional. “Dengan adanya WO khusus pernikahan tradisional, kami berharap kecintaan masyarakat Indonesia terutama mereka yang akan mengadakan upacara pernikahan semakin tinggi,” katanya.

Teks: Ratri Suyani
Foto: Dok. Weddingku & Dok. Andien dan Gaha

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP