Inspirasi Dinasti Zhou Dalam Koleksi Danny Satriadi

Desainer Danny Satriadi kembali berpartisipasi pada Jakarta Fashion and Food Festival 2017. Melalui lini busana Arkamaya by Danny Satriadi, koleksi busana yang terinspirasi dari Dinasti Zhou dibawah kepemimpinan Wu Zetian dihadirkan dengan tema `Valiant`. Sosok Wu Zetian yang lebih dikenal dengan Empress Wu, satu-satunya wanita dalam sejarah Cina yang memimpin suatu kekaisaran ini, dikenal tegas dan cerdas, sehingga mampu membawa Dinasti Zhou ke era kejayaannya.

Ketegasan dan keberanian sang kaisar dalam memimpin telah menginspirasi Danny untuk menghadirkan 35 tampilan yang dibagi menjadi 4 sekuen. Perpaduan batik cap motif kontemporer Cirebonan dengan kain digital printing diaplikasikan dalam busana wanita dan pria. Bernadet Putri, seorang illustrator muda, pun digandeng oleh sang desainer untuk membuat motif digital printing yang didominasi motif burung dan bunga krisan. Dalam filosofi Cina, burung melambangkan kecantikan, keberuntungan, kebaikan, ketenangan, kebajikan, serta mengarah pada kedamaian danpencerahan. Sementara bunga krisan menggambarkan kegembiraan, kasih sayang, persahabatan, serta membawa energi kehidupan.

Gaya busana bertumpuk dengan warna dan motif khas Cina yang diadaptasi ke dalam design menghasilkan siluet yang simpel dan modern. Transfer paper yang merupakan keunggulan dan ciri khas Arkamaya by Danny Satriadi tetap ditampilkan, sejalan dengan teknik bordir, patchwork, dan aplikasi kancing dan pita. Sekuen pertama dihiasi dengan warna-warna pastel, beralih ke pink dan peach pada sekuen kedua, baby blue pada sekuen ketiga, dan diakhiri dengan nuansa navy pada sekuen keempat. Arkamaya juga berkolaborasi dengan Rinaldy Yunardi untuk aksesoris juga perajin sepatu CYL.

Foto Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP